7 Makanan Khas Pekanbaru yang Enak dan Menggugah Selera, Wajib Dicoba

7 Makanan Khas Pekanbaru yang Enak dan Menggugah Selera, Wajib Dicoba
Roti canai. (Int)

Pekanbaru merupakan ibukota provinsi Riau yang dikenal memiliki potensi budaya dan wisata tinggi. Banyak sekali tempat wisata yang menawarkan keindahan alam yang memesona. Tak hanya itu, kota bagian timur Pulau Sumatra ini juga memiliki beragam makanan khas yang menggugah selera.

Ada banyak makanan khas Pekanbaru yang harus dicoba dan wajib dicoba. Mulai dari dodol, olahan kue, keripik, lopek, sampai olahan yang terbuat dari ikan. Tak hanya mudah ditemukan, harga makanan khas Pekanbaru ini juga sangat terjangkau.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Pekanbaru, sebaiknya tidak melewatkan untuk mencicipi kuliner khas di sana. Berikut beberapa makanan khas Pekanbaru yang dilansir dari Liputan6.com:

Dodol Kedondong

Salah satu makanan khas Pekanbaru yang wajib dicoba adalah dodol kedondong. Makanan satu ini terbuat dari kedondong yang memiliki rasa asem dan segar. Perpaduan rasa manis, asin, dan asem yang segar, membuat dodol khas Pekanbaru ini cocok dinikmati bersama teh hangat saat berkumpul dengan keluarga.

Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, sebaiknya tidak lupa untuk membeli oleh-oleh satu ini. Rasanya yang manis dan asem, akan membuat Anda ketagihan.

Amplang Tenggiri

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya, yaitu amplang tenggiri. Makanan yang berasal dari olahan ikan ini memiliki beragam varian seperti amplang udang dan tenggiri. Rasanya yang enak dan gurih, membuat makanan khas Pekanbaru ini sangat nikmat dijadikan cemilan.

Biasanya, ikan tenggiri akan dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung beras dan bumbu-bumbu lainnya. Hal inilah yang menjadikan kerupuk satu ini memiliki rasa yang khas.

Roti Canai

Roti canai atau merupakan makanan khas Pekanbaru yang wajib Anda coba. Roti canai sendiri adalah roti pipih yang tidak menggunakan pengembang. Biasanya, roti maryam disajikan sebagai makanan pokok atau makanan selingan yang disantap bersama bahan pelengkap lainnya.

Makanan khas Pekanbaru ini memiliki bentuk bundar dengan tekstur empuk dan renyah. Bahkan, banyak orang menyebutnya kue konde karena memang bentuknya mirip konde rambut. Rasanya yang gurih dan renyah, membuat roti ini digemari oleh semua kalangan.

Kue Bangkit

Tak hanya roti canai, Pekanbaru juga memiliki kue yang tidak kalah nikmatnya, yakni kue bangkit. Jenis kue yang ada di Kepulauan Riau ini berwarna putih kekuningan dan biasanya dihiasi mahkota berwarna merah yang diletakkan di atas kue. Rasanya yang gurih dengan tekstur halus, membuat kue satu ini sangat lembut ketika sudah ada di dalam mulut.

Saat ini, banyak sekali varian kue bangkit yang enak dan menggugah selara. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung mencarinya di pusat perbelanjaan oleh-oleh khas Pekanbaru.

Nasi Lemak

Berkunjung ke Pekanbaru kurang lengkap rasanya jika tidak mencicipi nasi lemak. Makanan yang berasal dari tradisi orang Melayu dimasak dengan santan kelapa dan daun pandan. Biasanya, nasi lemak disantap dengan tambahan lauk pauk seperti telur, ikan teri, ayam bakar, dan sambal.

Lempok Durian

Makanan khas Pekanbaru selanjutnya, yaitu lempok durian. Jenis makanan satu ini berbentuk seperti dodol yang banyak ditemukan di pusat oleh-oleh Riau. Harganya yang murah dan mudah dibawa, makanan khas Pekanbaru satu ini cocok dijadikan oleh-oleh.

Bagi Anda yang berkunjung ke Pekanbaru, sebaiknya tidak lupa untuk membawa oleh-oleh lempok durian. Rasanya yang manis dan kenyal, membuat makanan khas Pekanbaru ini cocok dinikmati dengan secangkir teh panas.

Asam Pedas Ikan Baung

Asam pedas ikan baung menjadi salah satu makanan khas Pekanbaru yang cukup digemari semua kalangan. Ikan yang bentuknya mirip dengan ikan lele ini memiliki daging tebal, lembut, dan tanpa duri harus. Biasanya, makanan khas Pekanbaru ini diolah dengan bumbu-bumbu seperti lengkuas, serai, bawang putih, jahe, bawang merah, dan kunyit.

Banyaknya penggunaan bumbu pada ikan baung membuat kuliner satu ini memiliki cita rasa asam pedas tanpa aroma amis. Bagi Anda penikmat kuliner ikan, wajib mencoba makanan khas Pekanbaru satu ini. (merdeka.com) 

Berita Lainnya

Index