Prodi Pendidikan Informatika UMRI bersinergi Kembangkan Teknologi UMKM Jasa Bimbel 'PAGU'

Prodi Pendidikan Informatika UMRI bersinergi Kembangkan Teknologi UMKM Jasa Bimbel 'PAGU'
Platform sistem yang dikembangkan (Dok. Src)

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Sebagai salah satu Program Studi (Prodi) yang memiliki fokus dalam pengembangan teknologi pendidikan yakni Prodi Pendidikan Informatika FKIP UMRI. Melalui sentuhan teknologi, Pendidikan Informatika melaksanakan kegiatan program kemitraan kepada UMKM yang bergerak dalam jasa layanan pendidikan.

Program Kemitraan dilakukan dalam bentuk kegiatan mengembangkan sebuah sistem teknologi informasi yang dapat digunakan oleh UMKM tersebut. UMKM yang menjadi mitra dalam kegiatan ini adalah jasa layanan belajar privat di Kota Pekanbaru yaitu Bimbingan  Belajar Panggil Guru (PAGU).

PAGU memiliki fokus untuk melayani kebutuhan peserta didik untuk dapat belajar secara privat dirumah masing-masing dengan menghadirkan tutor-tutor profesional mulai dari jenjang SD, SMP, SMA hingga persiapan UTBK dan sekolah kedinasan. 

Lebih menariknya lagi, pengembangan mitra dilakukan dengan kemampuan teknologi informasi dalam sistem absensi, bank soal dan sistem keuangan yang terintegrasi secara online melalui platform web. 

Kegiatan ini berlangsung mulai bulan Januari hingga Maret 2021 dengan melakukan beberapa tahapan analisis, perancangan, pengembangan, penerapan dan evaluasi dalam sistem yang telah dikembangkan.

Menurut mitra, kegiatan yang dilakukan oleh program studi pendidikan informatika sangat efektif. “Dengan adanya kerjsama sama ini sangat membantu tutor kita dalam melakukan absensi, selama ini absensi kita lakukan secara manual dengan menggunakan paraf di lembar absensi yang disediakan sedangkan melalui teknologi yang dikembangkan proses absensi menjadi lebih terukur, real time dan tentunya paperless,” mengutip pernyataan dari pimpinan PAGU Pekanbaru, Fitra Suci  Arista, M.Pd.

“Penerapan teknologi absensi ini kita kembangkan sesuai dengan kebutuhan tutor dan peserta didik di bimbel panggil guru. Teknologi ini merupakan hasil kolaborasi antara dosen dan mahasiswa di prodi Pendidikan Informatika. Absensi yang kita kembangkan dapat diakses oleh tutor melalui aplikasi smartphone android dan model absensi yang dilakukan adalah dengan cara mengambil foto real time dari peserta didik dan selanjutnya dikirim ke server dan masuk ke database absensi. Tentunya hal ini dapat membantu tutor dalam mengurangi kontak langsung dengan peserta didik dengan tidak menggunakan lembar absensi, serta proses absensi menjadi lebih valid, reliabel dan realtime." ujar Ketua Program kemitraan yang sekaligus merupakan ketua prodi Pendidikan Informatika FKIP UMRI Pratama Benny Herlandy, M.Pd kepada wartawan, Selasa (4/5/2021).

Pada akhir kegiatan, tim pengabdi dan mitra mengucapkan terimakasih kepada Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Muhammadiyah Riau (LPPM) yang telah menjadi sponsor utama sehingga program kemitraan ini dapat berlangsung dengan baik. “Harapan kami, program kemitraan ini dapat dilanjutkan pada tahun-tahun berikutnya karena sangat memberikan dampak terhadap kemajuan dalam usaha yang kami jalani” jelas Fitra Suci Arista. (Man)

Berita Lainnya

Index