• Follow Us On : 
KABAR POPULER
Milad ke 38 : Mapala UMY Siap Mendaki Aconcagua di Argentina Semarak Milad ke 38 Mapala UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)

Milad ke 38 : Mapala UMY Siap Mendaki Aconcagua di Argentina

Rabu, 05 Mei 2021 - 20:49:50 WIB

SERAMBIRIAU.COM - Meski telah memiliki prestasi hingga tingkat Internasional, Mapala UMY (Universitas Muhammadiyah Yogyakarta) tetap merasa harus meraih prestasi-prestasi baru termasuk menuntaskan pendakian ke tujuh puncak tertinggi di tujuh benua yang popular disebut Seven Summits.
 
Demikian kata Ketua Umum Mapala UMY Putra Rahayu Nadi saat menyampaikan sambutan pada acara Milad Mapala UMY ke 38 yang diselenggarakan di kampus UMY. Selain dihadiri oleh anggota Mapala UMY lintas generasi, pada acara yang menerapkan protokol kesehatan itu hadir pula utusan Mapala di Jogjakarta, Solo dan Semarang pada Rabu, (5/5/2021).
 
“Milad Mapala UMY kali ini adalah momentum emas kami untuk memulai melakukan segala persiapan guna mendaki gunung Aconcagua di Argentina. Aconcagua adalah puncak ketiga di sirkuit Seven Summits dunia yang akan digapai Mapala UMY. Sebelumnya Mapala UMY telah sukses mendaki gunung Elbrus di Rusia dan gunung Kilimanjaro di Tanzania,” terang Putra Nadi.
 
Pada acara yang dimeriahkan oleh unit musik mahasiswa UMY yang menampilkan genre musik, rock, pop dan reggae, Putra Nadi menjelaskan pula kendati Mapala UMY telah berpengalaman mendaki dua gunung yang masing-masing tertinggi di benua Eropa dan benua Afrika, tetapi pada pendakian ke Aconcagua nanti, Mapala UMY tetap perlu melakukan persiapan terbaik dan strategis, karena gunung Aconcagua yang merupakan puncak tertinggi di benua Amerika Latin, memiliki karakteristik unik yang cuacanya sulit diprediksi.
 
“Kami serius mempersiapkan diri, karena Mapala UMY menyadari pula bahwa pendakian ke Aconcagua bukan sekedar mewakili organisasi yang telah berusia 38 tahun ini, tetapi mewakili pula civitas akademika UMY, warga Muhammadiyah secara keseluruhan, menjadi representasi pecinta alam di tanah air, serta merupakan duta bangsa di mata Internasional dan di kancah pendakian kelas dunia,” tegas Putra Nadi.
 
Sementara menurut laporan tertulis yang diterima pihak serambiriau pendiri Mapala UMY Rozi Amin menjelaskan, kesuksesan Mapala UMY mendaki gunung Elbrus serta gunung Kilimanjaro, dan sekarang akan memulai langkah menuju gunung Aconcagua adalah bukti nyata silaturahmi dari generasi terdahulu hingga generasi sekarang sangat solid di Mapala UMY.
 
“Tepat pada 5 Mei tiga puluh delapan tahun lalu, saya bersama empat belas mahasiswa UMY kala itu dan didampingi seorang senior Mapala Unisi, mendeklarasikan berdirinya Mapala UMY di puncak gunung Lawu. Modal mendirikan UMY hanya semangat membara dan tekad yang kuat untuk membesarkan organisasi yang tidak memiliki apa-apa ini,” ungkap Rozi Amin.
 
Seiring berjalannya waktu ungkap Rozi Amin yang pernah menjabat Anggota DPRD Provinsi DIY, “Mapala UMY kian besar, berkembang dan tambah maju. Hal ini dapat dilihat dari kehadiran Mapala UMY di setiap lokasi bencana alam di tanah air, aktivitas Mapala UMY di ranah intelektual, peran aktif Mapala UMY pada pendakian level Internasional guna mewakili bangsa Indonesia, dan masih banyak lagi.”
 
Kendati demikian pesan Rozi Amin pada penerusnya, hendaknya aktivitas perkuliahan dan aktivitasnya mengikuti kegiatan di Mapala UMY harus dijalankan seimbang sesuai porsinya. “Agar kalian menjadi sarjana yang baik dan menjadi pecinta alam yang baik pada saat bersamaan,” pungkasnya. (***)

Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Pemerintah Gesa RPP Izin Usaha Berbasis Risiko, Turunan Omnibus Law

Senin, 23 November 2020 - 08:22:13 WIB

Gunakan Masker dengan Tepat Cegah Penularan COVID-19

Senin, 06 Juli 2020 - 11:26:42 WIB

Rumah dan Gudang Alat Pesta di Jalan Hang Jebat Terbakar

Kamis, 01 Agustus 2019 - 18:49:43 WIB

Kala Pandemi COVID-19, Berikut Anjuran Ibadah untuk Ramadhan Tahun Ini

Jumat, 24 April 2020 - 15:02:31 WIB

Ini Penampakan Uang Rupiah Baru

Selasa, 17 Juli 2018 - 13:39:34 WIB

Berjuang jadi Abdi Negeri

Jumat, 21 Februari 2020 - 09:19:51 WIB

BERGABUNG DI SINI