Diskes Pekanbaru Pastikan Ketersediaan Vaksin Mencukupi

Diskes Pekanbaru Pastikan Ketersediaan Vaksin Mencukupi
dr Zaini Rizaldi

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru bakal melakukan vaksinasi masal, Rabu (19/5/2021). Penyuntikan vaksin ini ditargetkan bakal diikuti sebanyak 10.000 warga Kota Pekanbaru. 

Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru memastikan ketersediaan vaksin Covid-19 saat ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan vaksinasi masal. 

Sekretaris Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldi Saragih mengatakan, jumlah vaksin yang tersedia di instalasi farmasi saat ini mencapai 4.000 vial. 

"Kemarin baru masuk 2.000 vial. Ini mencukupi, karena total stok kita di gudang ada 4.000 vial," ujar dr Zaini, Selasa (18/5/2021). 

Menurutnya, satu vial vaksin dapat memenuhi kebutuhan untuk penyuntikan 10 orang. Artinya vaksin yang tersedia saat ini mampu memenuhi kebutuhan hingga 40.000 orang calon penerima vaksin. 

Vaksin yang tersedia saat ini, dikatakan Zaini merupakan vaksin jenis Sinovac. Ini bakal di suntikan terhadap empat kelompok prioritas. Diantaranya, tenaga pendidikan, rohaniawan, RT/RW, dan tokoh masyarakat yang termasuk dalam LPM. 

"Jadi, vaksin kita sangat mencukupi. Bahkan ini bisa mencukupi untuk penyuntikan vaksin tahap II," jelasnya. 

Berita Lainnya

Index