• Follow Us On : 
KABAR POPULER
Penerapan Sistem Pengendakian Manajemen di Bengkel Mobil MZR AUTO SERVICE Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan penelitian Penerapan Sistem Pengendakian Manajemen di Bengkel Mobil MZR AUTO SERVICE

Penerapan Sistem Pengendakian Manajemen di Bengkel Mobil MZR AUTO SERVICE

Selasa, 13 Juli 2021 - 12:43:02 WIB

PEKANBARU - Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan penelitian dalam rangka memenuhi tugas mata kuliah Sistem Pengendalian Manajemen yang dibimbing oleh Ibu Intan Putri Azhari,SE.,M.Acc .

Mahasiswa yang beranggotakan Anisyah Nasution, Istifar Dilla Hadistya, dan Wika Widya Putri merupakan mahasiswa semester 6 dari Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengendalian manajemen yang diterapkan pada perusahaan bengkel mobil sehingga dapat meningkatkan kinerja manajemen.

Objek penelitian ini adalah MZR AUTO SERVICE. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan analisis dokumen. 
Bengkel MZR AUTO SERVICE  adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang automotif perbaikan mobil-mobil dan juga menyediakan pelayanan jasa service mobil dan pemasangan accesories pada mobil. 

Perusahan ini berlokasi di jalan Harapan Raya / Imam Munandar no 25A-D Pekanbaru, Riau. Bengkel mobil ini beroperasi sejak tahun 2004 dan sudah memiliki 10 cabang yang ada di kota pekanbaru. Setiap harinya bengkel mobil ini mulai beroperasi dari pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB.

Dalam satu tahun terakhir ini  perusahaan tercatat mengalami penurunan omset yang cukup signifikan, hal ini dibuktikan dengan menurunnya jumlah penjualan dan laba. Tetapi pemilik mengatakan bahwa perusahaan tidak melakukan pengendalian apapun untuk menjalankan perusahaan yang berdiri sejak 2004 tersebut. 

Penelitian yang dilakukan oleh Mahasiswa UMRI ini menjelaskan bahwa sistem pengendalian manajemen dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan seseorang. Pada tahun 2017-2019 bengkel mobil ini   mengalami perkembangan usaha yang cukup signifikan hal ini sudah dibuktikan dari analisis laporan keuangannya.

Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa perkembangan volume penjualan dan laba dari bengkel mobil Mzr Auto Service dari tahun 2017 hingga 2019 mengalami peningkatan. Peningkatan kinerja manajemen ini tentunya dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan pemilik. 

Pemilik selalu berusaha untuk mengingatkan para karyawannya agar selau bekerja sesuai cara yang telah diajarkan. Hal ini merupakan pencegahan agar hasil kinerja selalu baik dan  meminimalisir komplain dari konsumen. 

Gaya kepemimpinan yang ada pada bengkel mobil Mzr Auto Service ini adalah kepemimpinan terpusat. Segala peraturan dan perintah yang ada bersumber dari pemilik yaitu Pak Arsyad. Dan pada setiap cabangnya ada satu orang koordinator lapangan yang akan memantau situasi pekerjaan yang ada di bengkel tersebut. Koordinator lapangan yang ada di Mzr Auto Service yaitu Pak Yos. 

Menurut hasil wawancara yang dilakukan dengan beberapa karyawan Mzr Auto Service, pemilik merupakan orang yang sangat ramah dan peduli terhadap karyawan. Meskipun begitu pemilik tetap memiliki ketegasan dalam menjalankan perusahaan. Pak Yos tidak segan menegur karyawan yang melakukan kesalahan. 

Dalam kesehariannya, beliau tidak menjaga jarak dengan karyawan, tidak membedakan karyawan berdasarkan jabatannya, semua dianggap sama rata.

Faktor lain yang juga mempengaruhi kinerja manjemen pada bengkel mobil ini  yaitu budaya organisasi. Hal ini tidak terlepas dari peranan pemilik yang selalu berusaha menanamkan nilai gotong royong kepada para karyawan, sehingga rasa solidaritas yang tinggi antara para karyawan terbentuk secara alamiah. 

Setiap satu bulan sekali diadakan rapat yang membahas cara untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik, dalam diskusi setiap karyawan berhak menyampaikan pendapatnya. Pemilik selalu berupaya menghargai karyawannya dan menciptakan lingkungan kerja yang nyaman bagi para karyawan.

Penerapan sistem pengendalian manajemen yang ada di perusahaan sebetulnya sudah cukup baik meskipun perusahaan tidak sepenuhnya menyadari bahwa yang dilakukan merupakan bentuk suatu sistem pengendalian. Tidak terdeteksinya sistem ini dikarenakan perusahaan sering kali menghindari penerapan hal-hal yang dianggap memperumit pekerjaan, yang terpenting bagi perusahaan ini adalah perusahaan tersebut tetap beroperasi dan memperoleh keuntungan.

Namun pada tahun 2020 perusahaan mengalami penurunan pendapatan yang terjadi akibat Dampak Covid-19. Hal ini sudah dibuktikan dari analisis laporan keuangannya. 

COVID-19   memiliki dampak yang cukup terasa bagi perusahaan tersebut. Pendapatan dan laba perusahaan menurun akibat banyak orang yang menahan diri dan takut keluar rumah sehingga tidak banyak yang berani untuk melakukan service mobil. Biasanya, bulan puasa merupakan bulan panen bagi bengkel. Tetapi, karena terjadi wabah Covid, pendapatan pada bulan puasa tahun 2020 justru menurun jauh, dikarenakan ditiadakannya mudik. 

Dan untuk menangani hal ini, perusahaan pun melakukan sejumlah manuver agar mereka bisa tetap bertahan, mulai menghadirkan promo,membanting harga dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin,dan lebih teliti lagi agar costumer puas dengan layanan tersebut.

Adapun solusi yang diberikan dari Mahasiswa UMRI atas permasalahan tersebut, yaitu dengan membuat layanan digital. Dimana degan melakukan media online dengan cara mengirimkan pesan melalui whatsApp untuk mengingatkan customer sudah waktunya dilakukan perawatan service, dan karyawan perusahaan pun dapat melalukan pekerjaan service tersebut dirumah customer agar dapat memberikan kenyaman dan kemudahaan sehingga customer dapat tetap terjaga tanpa perlu keluar rumah.
Dari hasil penelitian tersebut semoga dapat bermanfaat dan menjadi pembelajaran bagi kami dan Anggota MZR AUTO SERVICE bahwa Sitem Pengendalian Manajemen dalam suatu perusahaan sangatlah penting. 

Dan penelitian ini sekaligus pembelajaran bagi mahasiswa untuk bekal dimasa yang akan datang apabila membuka usaha dibidang yang sama ataupun bidang usaha yang lainnya. 
(akademika)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

PGRI sarankan penerapan pembelajaran jarak jauh pada tahun ajaran baru

Sabtu, 06 Juni 2020 - 13:56:18 WIB

Berlangsung Meriah, Ribuan Mahasiswa UMRI Paradekan Cinta Tanah Air

Ahad, 15 Desember 2019 - 23:06:21 WIB

Wisuda 43 Mahasiswa STP Riau, Gubernur Syamsuar : Lulusan Pariwisata Sangat Dibutuhkan

Sabtu, 04 Mei 2019 - 15:35:04 WIB

Disdik Pekanbaru Pastikan Jadwal UN Tingkat SMP tahun 2020 Masih Sesuai Jadwal

Selasa, 17 Maret 2020 - 12:55:36 WIB

Mengubah Tradisi Kinerja Rendah Pelaksanaan Anggaran Satker Dekonsentrasi

Sabtu, 30 Maret 2019 - 22:46:53 WIB

Sikari Sukses Gelar Diskusi Kartun Opini, Dekan FDIK: Yang Mahal Itu Idenya

Selasa, 26 Maret 2019 - 20:17:25 WIB

BERGABUNG DI SINI