• Follow Us On : 
KABAR POPULER
Pengendalian Hasil Pada Peternakan Mendho Kencono Jual Kambing Peternakan Mendho Kencono Jual Kambing

Berdasarkan Sistem Pengendalian Manajemen

Pengendalian Hasil Pada Peternakan Mendho Kencono Jual Kambing

Kamis, 15 Juli 2021 - 13:31:03 WIB

PEKANBARU - Kambing yang diternakan dengan tujuan untuk produksi daging dinamakan kambing pedaging atau kambing potong. Untuk meningkatkan produksi daging kambing, biasanya peternak memiliki kambing unggul untuk menghasilkan daging. 

 

O L E H : D O S E N P E N G A M P U ,  I N T A N  P U T R I  A Z H A R I  S E . M . A C C  , M A H A S I S W A : A R Y A  D I T O  S E N O  ,  V I V I  ,  A U L I A  A T I K A  S A R I . D A R I U N I V E R S I T A S M U H A M M A D I Y A H R I A U .

 

Kambing potong merupakan salah satu jenis ternak ruminansia kecil yang dapat dijumpai di Indonesia. Ternak kambing potong di Indonesia memiliki potensi produktivitas cukup tinggi sebagai penghasil daging, serta kulitnya dapat memiliki nilai ekonomis. 

 

Pada umumnya usaha ternak kambing potong di Indonesia masih dilakukan secara tradisional dengan manajemen pemberian pakan yang belum baik karena masih bersifat usaha sambilan bagi peternak sehingga produksi yang dihasilan belum maksimal

 

Salah satu kambing yang dijual di mendho kencono adalah kambing Boer Jawa (Borja) berjenis kelamin jantan.

Kambing Borja adalah hewan ternak yang berasal dari perkawinan silang antar kambing Boer jantan dengan kambing Jawa betina. 

 

Ciri-ciri kambing Borja yaitu postur badan pendek besar, warna bulu coklat/hitam pada bagian kepala sampai leher dan warna dominan putih pada bagian badan sampai kaki, tanduk memisah, dan pertumbuhan cepat.

 

Ciri-ciri kambing Jawa yaitu leher pendek dan melengkung, tanduk menggantung seperti pedang, memiliki warna tunggal (putih, hitam, dan coklat) dan telinga pendek menggantung. Perkawinan silang ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan produktivitas kambing lokal, karena kambing

 

Boer merupakan salah satu jenis kambing pedaging unggul yang memiliki keunggulan genetik yaitu pertumbuhan cepat dan kualitas daging yang bagus.

Kambing Borja memiliki ukuran tubuh relatif lebih besar dibandingkan dengan kambing Jawa yang memiliki ukuran tubuh yang relatif kecil. Pakan adalah bahan yang dimakan dan dicerna oleh ternak. Pakan kambing pada umumnya terdiri atas hijauan dan konsentrat.

Hijauan merupakan tanaman yang berupa rumput-rumputan dan legume (kacang-kacangan) yang mengandung serat kasar 18% atau lebih. Konsentrat yang digunakan untuk kambing umumnya 2 disebut sebagai pakan penguat yang memiliki kandungan serat

 

§ MENDEFINISIKAN TENTANG TANGGUNG JAWAB ATAU

ORGANISASI PADA SEMUA

PEMEGANG KEPENTINGAN DALAM USAHA

(PEMILIK,KARYAWAN,KONSUMEN, DAN MASYARAKAT).

Cara untuk mengetahui kepuasan pelanggan terhadap jual beli hewan ternak

 

D E N G A N M E M B E R I K A N R E S P O N

Y A N G S A N G A T B A I K  K E P A D A  C A L O N  C U S T O M E R  A T A U  P E L A N G G A N ,  D A N  J U G A M E M B E R I K A N B O N U S

T A M B A H A N S E P E R T I I L M U - I L M U

D A S A R  D A L A M  P E T E R N A K A N   ,   D A N P A S T I N Y A C U S T O M E R / P E L A N G G A N A K A N K E M B A L I D I K E M U D I A N

H A R I N Y A .

K E M U D I A N K I T A J U G A

M E M B E R I K A N K U E S I O N E R K E P A D A P E L A N G G A N  Y A N G   M E N A N Y A K A N P E L A Y A N A N K E P A D A K O N S U M E N

D E N G A N S E R A N G K A I A N Y A N G

D I F O K U S K A N K E P A D A K E P U A S A N P E L A N G G A N T E R H A D A P :

A . P E L A Y A N A N B . H A R G A

C . K E T E P A T A N W A K T U D A L A M P E N G A N T A R A N

D . K U A L I T A S H E W A N T E R N A K

K E M U D I A N H A S I L D A R I R E S P O N

K U E S I O N E R T E R S E B U T B I S A  U N T U K  K I T A M E N I L A I A T A U M E N G U K U R

K I N E R J A  T E R H A D A P  K A R Y A W A N M A U P U N P E L A Y A N A N T E R H A D A P D A L A M U S A H A T E R S E B U T .

 

Ada beberapa hal yang tidak pernah kita sadari salah satunya yaitu istilah yang sering muncul dan sering kita dengar “Stakeholder”. Stakeholder adalah pihak  pemangku  kepentingan  atau beberapa kelompok orang yang memiliki kepentingan di dalam perusahaan yang dapat mempengaruhi atau  dipengaruhi  oleh  tindakan dari bisnis secara keseluruhan. Stakeholder dikelompokkan menjadi dua yaitu stakeholder internal dan stakeholder eksternal.

1. Tanggung jawab sosial kepada karyawan Dalam melakukan sebuah pekerjaan di usaha peternakan atau organisasi para pemilik usaha harus memiliki tanggung jawab sosial pada

karyawan seperti memberikan mereka gaji sesuai dengan perjanjian yang sudah disepakati sebelum bekerja.

2. Tanggung jawab sosial kepada konsumen Kita sering mendengar pernyataan bahwa "

Konsumen adalah Raja ". Seperti pernyataan  bahwa konsumen adalah raja berarti pemilik dan karyawan harus bisa menjadi rekan baik bagi para konsumen tersebut. Lewat pendekatan terhadap konsumen dapat memberikan manfaat yang baik dengan menjual belikan  hewan  ternak  kepada para konsumennya dengan  harapan  adanya orderan dari mereka.

3. Tanggung jawab sosial kepada lingkungan Tanggung jawab sosial di sini  berkaitan  dengan hal kelestarian lingkungan. Sebagai  seorang pemilik usaha ternak, tentu saja mempunyai tanggung jawab dalam kelestarian lingkungan, seperti limbah tinja yang dihasilkan hewan ternak itu sendiri. Untuk mengurangi pencemaran yang terjadi dikarenakan hewan ternak tersebut, kita dapat menanggulangi polusi  yang  dihasilkan hewan tersebut. Sebagai seorang pemilik tentunya slalu membersihkan kadang setiap  hari,  dan limbah yang dihasilkan yang telah ditanggulangi dapat kita jadikan sebagai pupuk

 

kasar kurang dari 18% dan mudah dicerna. Permasalahan terbesar dalam bertenak kambing potong terdapat pada pakan, karena kualitas pakan jelek akan menurunkan berat badan pada kambing. Berat badan pada kambing potong Borja meningkat apabila pakan yang digunakan menggunakan pakan yang berkualitas bagus.

 

Sistem imbalan pada karyawan

Sistem imbalan sangat diperlukan dalam usaha. Dikarenakan sistem tersebut dapat meningkatkan kualitas pelayan terhadap karyawan.

Dan untuk menentukan imbalan atau upah untuk karyawan kita bisa menentukan harga setiap pekerjaan. Dalam mengambil langkah ini dilakukan perbandingan antara nilai berbagai pekerjaan dalam organisasi dengan nilai yang berlaku dipasaran kerja.

Dan dalam usaha ternak pemilik akan memberikan upah pada setiap bulannya dan bonus bagi setiap karyawan yang menjualkan pupuk kandang tersebut.

 

sumber dari : mendho kencono jual kambing


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Dekan Fikom UMRI Buka Ajang English Communication Award 2021

Kamis, 04 Maret 2021 - 16:18:16 WIB

Mahasiswa KKN UMRI Ajak Masyarakat Ikuti Prtokol Kesehatan dan Sosialisasikan Bahaya Karhutla

Jumat, 28 Agustus 2020 - 12:10:17 WIB

Ada yang Baru di Milad ke 6 Mapala Umri

Jumat, 15 Februari 2019 - 21:49:34 WIB

Sikari Sukses Gelar Diskusi Kartun Opini, Dekan FDIK: Yang Mahal Itu Idenya

Selasa, 26 Maret 2019 - 20:17:25 WIB

Rencana Keluarkan SK Rektor

UMRI Catat Sejarah Baru, Pecahkan Rekor Muri Tanjak Terbesar di Indonesia

Senin, 01 April 2019 - 10:03:54 WIB

Hari Jadi Provinsi Riau ke 62 Tahun, BEM UNRI Berikan Hadiah Ini Kepada Gubernur Riau ...

Jumat, 09 Agustus 2019 - 23:09:22 WIB

BERGABUNG DI SINI