• Follow Us On : 
KABAR POPULER
Perkuat Etika Bisnis Demi Keberlangsungan Usaha Dimasa Pandemi Covid-19 Ilustrasi

Opini

Perkuat Etika Bisnis Demi Keberlangsungan Usaha Dimasa Pandemi Covid-19

Kamis, 15 Juli 2021 - 17:43:26 WIB

PEKANBARU - Alam semesta sedang digemparkan dengan adanya covid-19 yang memiliki dampak sangat besar bagi keberlangsungan ekonomi. Covid-19 tidak hanya merobohkan kalangan bisnis besar, tetapi seluruh kalangan bisnis mengenai dampak tersebut. Masih banyak dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 terkhususnya di Indonesia. 

Dimulai dari Resesi Ekonomi, tingginya angka kematian, pembelajaran online, dll. Wabah ini sangat mempengaruhi aktivitas seluruh warga dimana semua kegiatan dianjurkan untuk dilakukan di dalam rumah saja, untuk menghindari penularan dari wabah tersebut.

Dengan terjangkaunya aktivitas yang bisa dilakukan tentunya akan sangat berdampak bagi keberlangsungan suatu badan usaha. Dengan adanya etika bisnis dalam perekonomian akan sangat membantu dalam penunjang selama pandemi covic-19 ini, karena perusahaan dapat menerapkan etika bisnisnya dengan transparan dan memberikan kontribusi positif bagi keberlangsungan bangsa, dan ini merupakan salah satu bentuk penerapan Corporate social responsibility (CSR) perusahaan yang dapat memperbaiki citra perusahaan.  

Dengan melakukan penerapan CSR dalam suatu perusahaan akan dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya yang akan menjadi salah satu daya tarik bagi para stakeholder. Stakeholder ini sangat membantu dalam menjalankan sebuah usaha atau bagi keberlangsungan usaha.

Akibat covid-19 ini juga banyak perusahaan yang melakukan PHK besar-besaran karena perusahaan tidak mampu membayar gaji karyawan. Etika bisnis dapat diterapkan dilingkungan internal perusahaan seperti membuat kebijakan bekerja dari rumah atau membuat jadwal kerja secara bergantian dengan konsekuensi pemotongan gaji sesuai dengan jumlah hari kerjanya. 

Hal tersebut sangat berpengaruh bagi perekonomian masyarakat, berkurangnya pemasokan tetapi banyak nya pengeluaran. Hal ini menunjukkan betapa dermawannya dunia bisnis yang dilakukan perusahaan dan juga memperlihatkan dunia bisnis tidak hanya memikirkan keuangan saja, tetapi juga memiliki kepedulian lingkungan dan sosial.

Penulis: Roslinasari Batubara dan Asti
Dosen Pembimbing: Agustiawan., SE., M.Sc., Ak
(Program Studi Akuntansi
Fakultas Ekonomi & Bisnis
Universitas Muhammadiyah Riau)

 


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Artikel

Linkage Role Bullying Dalam Perspektif Komunikasi Massa

Jumat, 10 Agustus 2018 - 15:26:36 WIB

Fikom UMRI Menyudisium 30 Mahasiswa

Kamis, 13 Februari 2020 - 18:06:54 WIB

PK IMM KH Hisyam FKIP gelar Musykom, IMMan Irfan Taufik Terpilih Nakhodai IMM di FKIP

Senin, 22 Maret 2021 - 18:52:10 WIB

UIN Suska Riau

Prof Akhmad Mujahidin Tegaskan Rektor Tidak Punya Kewenangan Merevisi UKT

Jumat, 15 Maret 2019 - 11:16:17 WIB

Menjadi Narasumber di UMRI, Wawako Paparkan Bahaya Narkoba

Senin, 13 Januari 2020 - 09:56:33 WIB

PGRI Riau Ajak Tenaga Pendidik Untuk Tunda Mudik

Rabu, 05 Mei 2021 - 12:29:51 WIB

BERGABUNG DI SINI