Pendiri Pekanbaru Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional

Pendiri Pekanbaru Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional
Ketua DMDI Pekanbaru yang juga Wawako Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi berfoto bersama Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT dan beberapa OPD Pemko Pekanbaru

PEKANBARU - Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau dikenal Tengku Muhamad Ali dari Siak diusulkan organisasi Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) menjadi Pahlawan Nasional. Agar terwujud, Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru segera membentuk Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD). 

"Kami sudah melakukan audiensi dengan wali kota. Dalam audiensi ini, kami mengusulkan agar Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah diusulkan menjadi Pahlawan Nasional," kata Ketua Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Kota Pekanbaru yang juga Wakil Wali Kota Pekanbaru Ayat Cahyadi di Gedung Utama Komplek Perkantoran Tenayan Raya, Kamis (15/7/2021). 

Mudah-mudahan, sosok dan sejarah Sultan Muhammad Ali Abdul Halim Muazzam Syah terpenuhi dalam kriteria kepahlawanan dan regulasi yang ada. Karena, Sultan Tengku Muhammad Ali pernah menjadi Panglima Perang Kerajaan Siak Sri Indrapura di masa tiga sultan yaitu Sultan Tengku Buang Asmara (Sultan Siak II), Sultan Ismail Abdul Jalil Syah (Sultan Siak III), dan Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah (Sultan Siak IV yang juga ayahanda dari Sultan Muhammad Ali). 

"Saat kepemimpinan Sultan Siak ke II, ada satu peristiwa besar yaitu Perang Guntung melawan Belanda pada tahun 1752 hingga 1760. Perang ini dipimpin Panglima Perang Sultan Tengku Muhammad Ali," ungkap Ayat.

Sultan Tengku Muhammad Ali juga punya peran besar dalam pendirian Pekanbaru (saat ini Kota Pekanbaru). Pekanbaru ini dirintis oleh ayahandanya yaitu Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah. 

Sultan Tengku Muhammad Ali juga disebut Marhum Pekan. Makanya, Pemko Pekanbaru memperingati hari jadi setiap tanggal 23 Juni. 

"Untuk itulah kami datang. Wali kota menyambut baik usulan ini dan langsung memerintahkan kepala Dinsos untuk menyiapkan TP2GD," jelas Ayat. 

Dokumen terkait kepahlawanan Sultan Tengku Muhammad Ali disiapkan oleh TP2GD agar dapat diusulkan sebagai pahlawan nasional. Mudah-mudahan yang perjuangan ini bisa terwujud. 

"Kami mohon doa kepada seluruh masyarakat Pekanbaru," ucap Ayat. 

Berita Lainnya

Index