Pendidikan

Dosen UMRI adakan Pengabdian Masyarakat, Pembuatan Media Belajar Tajwid Berbasis Android

Dosen UMRI adakan Pengabdian Masyarakat, Pembuatan Media Belajar Tajwid Berbasis Android
Ketua Tim PKM dengan Kepala Sekolah MI AL BUKHARI

PEKANBARU, - Beberapa waktu lalu telah dilaksanakan pengabdian kepada masyarakat (PKM) oleh tim dosen dari Universitas Muhammadiyah Riau kepada MI Al Bukhari di kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru. 

Anggota tim pengabdian terdiri dari Rahmad Al Rian, M.Kom, Ajeng Safitri, M.Psi., Psikologi, Melly Novalia, S.Pd., M.Kom, Pratama Benny Herlandy, M.Pd., Wandi Syahfutra, M.Pd., Nova Novita dan Dika Nanda Safitri.

Adapun kegiatan pengabdian yang dilakukan adalah melakukan bimbingan pembuatan media belajar Tajwid berbasis Android. Kegiatan ini dilakukan untuk membantu para pendidik mampu menghasilkan variasi media belajar yang lebih inovatif dan menarik untuk peserta didik. 

Diketahui penyebaran pandemi covid-19 menyebabkan dihentikannya kegiatan tatap muka pada proses pembelajaran diseluruh instansi pendidikan serta mengharuskan para tenaga pendidik mampu menerapkan metode pembelajaran yang efektif dan menggunakan dan atau menghasilkan media belajar yang kreatif serta inovatif yang mampu menarik minat belajar peserta didik.

Pada pengabdian kali ini menghasilkan media belajar tajwid berbasis Android dengan menggunakan aplikasi construc 2, adobe illustrator dan website BitBalloon. 

Produk media belajar yang mampu mengeluarkan suara untuk memberikan keterangan kepada pengguna serta melafadzkan huruf dan kalimat. Selanjutnya, menampilkan konten materi tajwid. Kemudian, menampilkan hukum bacaan dan dilafadzkannya menggunakan suara. 

Rahmad Al Rian selalu ketua tim menyampaikan terimakasih kepada pihak sekolah yang telah bersedia menjadi sasaran pengabdian kali ini. 

“Kami sangat berterima kasih kepada sekolah MI Al Bukhari yang telah bersedia menerima kami dalam melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Kami berharap agar kegiatan ini menjadi awal untuk para tenaga pendidik agar lebih kreatif menghasilkan media belajar yang mampu menarik minat belajar peserta didik dimasa pandemi ini. Besar harapan kami agar para peserta didik tetap kreatif dalam mengembangkan media belajar walaupun pandemi nantinya telah berakhir," kata Rahmad Al Rian sebagai ketua tim. (Man)

Berita Lainnya

Index