Wako Dampingi Kasatgas Covid-19 Nasional Sapa Pasien Isoter

Wako Dampingi Kasatgas Covid-19 Nasional Sapa Pasien Isoter
Ketua Satgas Nasional Letjen TNI Ganip Warsito SE MM langsung turun dan 'keliling' di Kota Pekanbaru. Bersama Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT Gubernur Riau Drs Syamsyuar MSi dan forkopimda, Ganip menyambangi beberapa Isoter dan menyapa pasie

PEKANBARU - Proivinsi Riau khususnya Kota Pekanbaru mendapat perhatian khusus dari Presiden Republik Indonesia H. Joko Widodo terkait penyebaran covid-19. Pasalnya, hingga saat ini Riau menjadi satu dari beberapa provinsi di luar Pulau Jawa Bali yang masih zona merah atau tingkat resiko tinggi. Guna mengantisipasi peningkatan pasien, Pemerintah Provinsi Riau dan Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan tambahan gedung Isolasi Terpusat (Isoter).



Untuk melihat kondisi tersebut, Ketua Satgas Nasional Letjen TNI Ganip Warsito SE MM langsung turun dan 'keliling' di Kota Pekanbaru. Bersama Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT Gubernur Riau Drs Syamsyuar MSi dan forkopimda, Ganip menyambangi beberapa Isoter dan menyapa pasien. Letjen TNI Ganip Warsito SE MM yang juga Kepala BNPB ini langsung menyapa warga yang terpapar virus SARS-CoV-2 di BPSDM Riau. Gedung yang dikelola oleh pemerintah provinsi ini dialihfungsikan menjadi fasilitas isolasi terpusat (isoter) pasien Covid-19 dengan gejala ringan. Ganip menyempatkan untuk menguatkan semangat warga terpapar Covid-19 di tempat itu. Ia menekankan para pasien untuk tetap menjaga imun yang tinggi meskipun terinfeksi virus. Tak lupa, ia juga berpesan kepada warga untuk selalu berdoa agar diberikan kesehatan dan berpikiran positif.

“Kita berdoa dan yakin, kita akan sembuh,” ujarnya di BPSDM, Pekanbaru, Riau, pada Sabtu (7/8/2021)

BPSDM merupakan salah satu fasilitas pemerintah yang digunakan untuk penanganan Covid-19 sejak September 2020. Saat ini, BPSDM menampung 62 pasien dan akan ada tambahan 5 pasien kemarin. Fasilitas isoter di BPSDM ini didukung oleh tiga dokter jaga. Fasilitas lain yang disedikan yaitu tabung oksigen, obat-obatan, makanan bergizi dan senam sehat bersama. Pemerintah daerah juga menyiapkan lima fasilitas isoter lainnya seperti di gedung Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Pelatihan Kesehatan dan asrama haji. Khusus untuk asrama haji, fasilitas isolasi berkapasitas 513 tempat tidur ini dapat menampung pasien dengan gejala sedang. Sedangkan di wilayah kota, Pemerintah Kota Pekanbaru mengoperasikan rusunawa sebagai isoter.  Total kapasitas isolasi terpusat di wilayah Provinsi Riau berjumlah 1.092 tempat tidur.

Selain mengunjungi lokasi Isoter, rombongan juga menyambangi Pos PPKM  Kelurahan Sidomulyo Timur Kec. Marpoyan Damai dan Pos PPKM Kelurahan Tangkerang Timur  Kecamatan Tenayan Raya. Ketua Satgas Covid19 Nasional, memberikan arahan dan juga apresiasi terhadap pelaksanaan PPKM dan pelayanan kepada masyarakat yang terpapar Covid1-9. Selanjutnya, rombongan melakukan peninjauan dapur umum yang digagas TNI Brigjen MI Ismed, Kapolda Riau, bekerjasama dengan LAM, serta didukung oleh Pemprov di kantor LAM Propinsi Riau. Pada kesempatan yang sama juga, rombongan meninjau vaksinasi di SMUN 8 Pekanbaru yang ditaja IDI Riau.

"Terimaksih kepada Bpk Ganip, atas arahan dan bimbingannya. Semua arahan akan kami tindaklanjuti langsung dengan satgas yang ada di Pekanbaru dan berkolaborasi bersama TNI-Polri serta Pemprov Riau. Semoga angka masyarakat yang terpapar Covid-19 dapat ditekan serendah-rendahnya hingga hilang dari bumi NKRI dan Dunia," harap Walikota Pekanbaru.(advetorial)

Berita Lainnya

Index