Mahasiswa KKN 18A UMRI Selenggarakan Penyuluhan Pertanian kepada Kelompok Wanita Tani Bertuah

Mahasiswa KKN 18A UMRI Selenggarakan Penyuluhan Pertanian kepada Kelompok Wanita Tani Bertuah
Anggota KKN Kelompok 18 A Universitas Muhammadiyah Riau foto bersama Kelompok Wanita Tani Bertuah

PEKANBARU - Sebagai salah satu wujud pengabdian dan pemberdayaan pada Kelompok Wanita Tani (KWT) Bertuah di Rw 007 Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru Riau, kelompok KKN 18A Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) 2021 melakukan Penyuluhan Pertanian oleh pemateri Aquardo Armanda Veles. 

Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Program Kerja Utama KKN 18A UMRI 2021 yang bertujuan memberikan pengetahuan pertanian terhadap Kelompok Wanita Tani (KWT) Bertuah.

Di tengah ancaman Covid-19, keberadaan Kelompok Wanita Tani (KWT) menjadi semakin penting. Hal ini sejalan dengan program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) yang diusung Kementerian Pertanian sebagai salah satu program dalam upaya meningkatkan ketersediaan, aksesibilitas, dan pemanfaatan pangan yang berkelanjutan. 

Seperti KWT Bertuah yang berada di Kelurahan Perhentian Marpoyan Kecamatan Marpoyan Damai, yang masih tetap berusaha produktif meski terbatas oleh kondisi ekonomi dan sosial ditengah pandemi Covid-19. Mereka menanam sayuran berupa kangkung, kacang panjang, jagung, terong, bayam, kembang kol, dan timun. 

Kegiatan yang dilaksanakan belum lama ini ,dihadiri oleh Ketua KWT Bertuah Susianti beserta wakilnya Ratih Puspita Rani, S.E dan para anggota KWT Bertuah. 

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan oleh MC Alya Alimah, kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Ketua KKN 18A UMRI 2021 Erenzi Tahara, sambutan oleh Ratih Puspita Rani, S.E kemudian dilanjutkan dengan acara utama yaitu penyuluhan pertanian oleh Aquardo Armanda Veles. 

 

Kegiatan ini dilanjutkan dengan materi berupa cara menanam yang baik dan benar, mulai dari awal pemilihan lahan hingga perawatan tanaman.

Diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan Kelompok Wanita Tani (KWT) Bertuah dapat mengetahui dan memahami cara menanam yang baik dan benar, sehingga dapat meningkatkan pengolahan sumber daya alam. Dengan seperti itu, otomatis akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Perhentian Marpoyan. (Man)

Berita Lainnya

Index