• Follow Us On : 
Berikut Empat Tantangan Kepemimpinan di Era Digital

Berikut Empat Tantangan Kepemimpinan di Era Digital

Senin, 13 September 2021 - 17:28:23 WIB

PEKANBARU - Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G. Plate mengungkapkan bahwa bagi para pembuat kebijakan di Indonesia, saat ini terdapat empat tantangan kepemimpinan di era digital yakni dalam mendorong tranformasi digital sebagai perubahan cara hidup baru.

Memfasilitasi tata kelola Electronic Government dan bisnis digital, menyusun kebijakan atau legislasi untun mendukung transformasi digital sehingga menjadi hal yang sangat penting dalam menyusun kebijakan legislasi dan untuk mendukung transformasi digital.

"Dalam hal ini tentu berpusat berpusat dan demi kepentingan bangsa dan negara serta masyarakat indonesia terlebih dahulu dan kalau mungkin juga demi kepentingan rakyat, bangsa-bangsa lain," kata Johnny G. Plate, Senin (13/9/2021).

Lebih lanjut ia menjelaskan, selain itu tantangan berikutnya yaitu meningkatkan kinerja melalui penyiapan dan pengembangan Sumber Daya Manusia di bidang digital.

"Kesiapan pemimpin Indonesia dalam berpacu dengan perubahan diera transformasi digital ini perlu didorong sesegera mungkin, secepat mungkin," ucapnya

Hal itu dilakukan karena Indonesia berpotensi memiliki nilai ekonomi digital sekitar 124 miliar dolar Amerika Serikat pada tahun 2025, suatu proyeksi yang luar biasa sehingga setara dengan 40 persen ekonomi digital Asean dan terbesar diantara negara-negara lainnya.

"Indonesia harus menangkap peluang tersebut sebaik mungkin karena bapak Presiden RI Joko Widodo telah memberikan arahan terkait akselerasi transformasi digital di Indonesia," ucapnya.

Arahan terkait hal tersebut diantaranya percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital, membuat roat met tranformasi digital yang telah disiapkan oleh Kementerian Kominfo, integrasi pusat data nasional yang saat ini juga sedang di persiapkan pembangunannya oleh Kominfo.

"Selain itu penyiapan sumber daya manusia dibidang digital serta menyiapkan regulasi payung hukum yang berpihak pada kepentingan nasional, skema-skema pendanaan dan pembiayaan tranformasi digital." pungkasnya. (MCR)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Begini Penjelasan Dishub Terkait Moda Transportasi di Pekanbaru Kembali Beroperasi

Jumat, 08 Mei 2020 - 12:57:14 WIB

Wako Buka Sosialisasi Permendikbud Nomor 32 Tahun 2018

Jumat, 13 Maret 2020 - 09:14:54 WIB

Dishub Pekanbaru Tak Tahu Tentang Penyekatan Jalan Sudirman dan HR Subrantas

Senin, 27 April 2020 - 15:21:49 WIB

Pasien Positif Corona Muncul Saat New Normal di Pekanbaru, Punya Riwayat Kencing Manis 

Ahad, 07 Juni 2020 - 09:53:36 WIB

Wawako Resmikan Mushalla Al-Yusra SMPN 8 Pekanbaru

Kamis, 10 Oktober 2019 - 10:22:29 WIB

Hari Ini Riau akan Diguyur Hujan Lebat

Rabu, 27 November 2019 - 08:46:53 WIB

BERGABUNG DI SINI