Diskominfotiksan Pekanbaru Hadirkan Aplikasi e-Respon

Diskominfotiksan Pekanbaru Hadirkan Aplikasi e-Respon

PEKANBARU - Diskominfo Kota Pekanbaru berinovasi dengan menciptakan aplikasi e-Respon. Inovasi digital ini awalnya digagas atas inisiatif dari Walikota Pekanbaru.

Adanya inovasi pelayanan publik bertujuan untuk memudahkan pelaporan kejadian di Wilayah Pekanbaru. Masyarakat bisa melapor lewat sistem informasi 

online http://erespon.pekanbaru.go.id.

Kepala Diskominfotiksan Kota Pekanbaru Firmansyah Eka Putra menyebut bahwa aplikasi ini dirancang untuk memberi kemudahan kepada masyarakat. Mereka bisa menyampaikan  kritik, saran ataupun keluhan di lingkungan sekitar.

Eka menilai di era digital sudah masuk ke segala lini masyarakat. Maka melihat kondisi ini pemerintah bisa memanfaatkan teknologi secara maksimal untuk memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi.

Satu di antaranya berupaya mendapatkan informasi dari masyarakat lebih cepat dengan menggunakan aplikasi e-respon. 

Aplikasi e-respon adalah aplikasi yang memudahkan masyarakat dalam menyampaikan aspirasi kapanpun dan dimanapun. Aplikasi e-respon memiliki banyak kelebihan yang bisa dirasakan oleh sisi pemerintah maupun masyarakat. 

Ia mengatakan bahwa aplikasi memiliki metode pendistribusian informasi secara otomatis. Nantinya aplikasi menyajikan informasi secara realtime dapat diakses dengan mudah melalui komputer maupun gadget. 

Hal ini memudahkan masyarakat yang sudah banyak menggunakan smartphone untuk langsung bisa melaporkan apa yang terjadi di sekitar mereka. Tersedia fitur notifikasi sehingga masyarakat maupun OPD dapat mengetahui dengan cepat ketika ada laporan maupun respon. 

Respon yang cepat dari OPD terkait maka masyarakat semakin merasa diperhatikan atas apa yang sudah dilaporkan dan bisa membuat masyarakat semakin proaktif lagi. Keluhan atau aduan sudah terpetakan dengan kategori sehingga masyarakat tidak kesulitan untuk memilih OPD yang berhak menangani keluhan tersebut. 

Dari sisi pemerintah dan masyarakat bisa sama-sama termudahkan untuk menangani keluhan karena tidak bercampur satu sama lain. Terdapat menu dashboard analisis untuk membantu pemangku kebijakan dalam memahami kondisi dan juga sebagai pendukung pengambilan keputusan. 

Tersedia fitur untuk melakukan pencetakan berbagai format laporan. Pesatnya perkembangan teknologi dan sistem informasi telah mengubah pola dan tata komunikasi antar masyarakat maupun antara masyarakat dengan pemerintah. 

Pada era informasi ini semua instansi tidak terkecuali instansi pemerintahan selalu didorong untuk menerapkan teknologi informasi sebagai moda peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat. (***)

Berita Lainnya

Index