Mahasiswa KKN UMRI kelompok 13 A Luar Kota Manfaatkan Limbah Kulit Nenas jadi pupuk cair

Mahasiswa KKN UMRI kelompok 13 A Luar Kota Manfaatkan Limbah Kulit Nenas jadi pupuk cair
Beberapa kegiatan Mahasiswa KKN UMRI saat mengolah Limbah Kulit Nenas jadi pupuk cair (foto dikirim via WhatsApp)

Kampar - Mahasiswa UMRI KKN ( kuliah Kerja Nyata ) Kelompok 13 A luar Kota Pekanbaru yang melaksanakan program "Pembuatan pupuk cair dari limbah kulit nenas,pada hari Minggu (19/09/2021) bertempat di Desa Pagaruyung Kec. Tapung, Kab. Kampar.

Sesuai dengan Tema yang di Ambil Oleh Tim KKN 13 A Luar Kota Pekanbaru, yaitu Desa Tangguh Ekonomi. Maka anggota KKN 13 A Luar Kota Pekanbaru yang bertepatan di desa Pagaruyung.melihat Potensi yang Ada di Desa Pagaruyung Maka Kelompok 13 A Luar Kota akan membuat Pupuk Cair dari Limbah Kulit nanas.

Pupuk Organik Cair atau biasa disebut juga dengan Mikro Organisme Lokal atau MOL adalah larutan yang dihasilkan dari fermentasi sisa-sisa /limbah buah-buahan dapat berupa kulit buah maupun kupasan kulit buahnya saja.

Adapun fungsi dari pupuk organik cair buah yaitu sebagai perangsang pembentukan bunga dan buah atau perkembangan generatif dan menghambat pertumbuhan tunas serta anakan atau perkembangan vegetatif.

Tujuan Dari pembuatan Pupuk ini salah satunya untuk mengurangi Limbah Nanas tersebut.

Pembuatan Pupuk ini di lakukan oleh Anggota Kelompok 13 A Luar Kota bersama Mitra Kelompok Tani Nanas yang bertepatan di Posko KKN Kelompok 13 A . 

Kegiatan ini berlangsung di siang hari sampai selesai,Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan sukses, hal tersebut dikarenakan kekompakan Mitra Kelompok tani Nanas beserta Anggota Kelompok 13 A Luar Kota Pekanbaru.

Kelompok KKN 13 A Luar Kota Pekanbaru Desa Pagaruyung di bimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Dwi Annisa Fithry. SST., MT. (Man)

Berita Lainnya

Index