BRGM Disebut Beri Dampak Positif Terhadap Restorasi Gambut di Riau

BRGM Disebut Beri Dampak Positif Terhadap Restorasi Gambut di Riau
Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita mengatakan bahwa kebijakan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) ini secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap restorasi gambut di Provinsi Riau.

PEKANBARU - Asisten II Setdaprov Riau, Evarefita mengatakan bahwa kebijakan Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) ini secara nyata telah memberikan dampak positif terhadap restorasi gambut di Provinsi Riau.

Dengan ditetapkannya kebijakan pemulihan eksploitasi gambut melalui rehabilitasi oleh pemerintah dan sejak ditetapkannya BRGM ini, menghasilkan dampak positif yang nyata terhadap restorasi gambut.

Eva juga menyampaikan, dampak positif yang terjadi akibat kebijakan BRGM ini membuat intensitas terhadap kebakaran hutan mengalami penurunan yang cukup baik.

"Bukan hanya dengan intensitas kebakaran hutan yang menurun juga memberikan dampak positif terhadap peningkatan perekonomian masyarakat sekitar," ujarnya saat menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) dan sosialisasi serta meresmikan Tim Restorasi Gambut dan Rehabilitasi Mangrove Provinsi Riau Tahun 2021 di Hotel Pangeran Pekanbaru, Senin (20/9/2021).

Pihaknya menuturkan bahwa upaya restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove serta kegiatan rekonstruksi ekonomi memberikan manfaat secara langsung kepada kelompok masyarakat berupa tambahan pendapatan keluarga.

"Kegiatan dalam upaya BRGM dan kegiatan rekonstruksi ekonomi memberikan manfaat yang baik pada kelompok masyarakat seperti tambahan pendapatan bagi keluarganya," tuturnya.

Lebih lanjut Eva mengungkapkan, untuk membantu kerja BRGM di tingkat provinsi ini berpedoman sesuai dengan pasal 15 Peraturan Presiden (Pepres) Nomor 20 tahun 2020 tentang pedoman pembentukan dan pelaksanaan tim restorasi gambut atau rehabilitasi gambut maka ditetapkannya tim restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove Provinsi Riau dengan keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts 871/VIII/2021 tanggal 18 Agustus 2021.

"Tim ini nantinya selain mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BRGM juga melaksanakan tugas restorasi gambut dan rehabilitasi mangrove di Provinsi Riau," ungkapnya.

Pihaknya memiliki keyakinan yang tinggi bahwa BRGM di Provinsi Riau akan berkontribusi nyata dan mendukung  tujuan pembangunan Riau Hijau yang mengusung tiga pilar utama yaitu meningkatkan pengendalian kerusakan dan penyemaran lingkungan, meningkatkan kualitas pengelolaan SDA dan meningkatkan bangunan energi dan sumber daya alam terbarukan.

"Kami yakin bahwa BRGM Provinsi Riau dapat berkontribusi secara nyata dengan baik dan terus mendukung tujuan serta meningkatkan pembangunan Riau Hijau," tutupnya.

Berita Lainnya

Index