Mahasiswa KKN UMRI Bantu Alat Produksi dan Pemasaran KUB Tabek Godang

Mahasiswa KKN UMRI Bantu Alat Produksi dan Pemasaran KUB Tabek Godang
Mahasiswa KKN UMRI Bantu Alat Produksi dan Pemasaran KUB Tabek Godang

PEKANBARU - Kegiatan KKN UMRI kelompok 24 yang sedang berlangsung di RT 05 RW 03 Kelurahan Tabek Godang, Kecamatan Binawidya, Kota Pekanbaru memberikan bantuan alat kepada KUB (Kelompok Usaha Bersama) yang berada di lingkungan RT 05 untuk mendukung kegiatan produksi sabun pencuci piring dan pencuci tangan, pada 20 September 2021. 

Dimana bantuan tersebut berupa alat pengaduk yang dapat memudahkan pengadukan untuk melarutkan bahan- pembuatan sabun agar saat produksi lebih menghemat waktu dan tenaga.

Penyerahan bantuan alat tersebut diserahkan langsung oleh Bapak Lurah Tobek Godang, H. Yasir Arafat, S.Sos, di dampingi oleh bapak RT 05 dan RW 03 serta Mahasiswa KKN UMRI kelompok 24. "Diawali dengan pelatihan yang sudah kita lakukan terlebih dahulu dimaksudkan agar ada peningkatan pemahaman dalam penggunaan alat tersebut. Selanjutnya dengan bantuan alat tersebut harapan kami dapat meningkatkan kualitas produksi. 

Keberadaan KUB ini sangat membantu warga sekitar untuk meningkat nilai ekonomi mereka terutama ibu ibu sekitar lingkungan RT 05", ungkap Bapak Yasir. 

KUB yang diberi nama 'TG Clean' ini berada dibawah naungan Ibu Nurhasni. Beliau mengungkapkan bahwa KUB ini baru mulai berdiri sejak akhir tahun 2020 dimana beliau memanfaatkan kondisi covid saat ini, yaitu memproduksi sabun cuci tangan dan sabun cuci piring yang sudah menjadi kebutuhan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

Selain menyediakan bantuan alat dan memberikan pelatihan tentang penggunaan alat tersebut, mahasiswa KKN UMRI Kelompok 24 juga ikut serta dalam membantu pemasaran produk. Adapun cara pemasaran yang dilakukan adalah melalui media sosial dan memperkenalkan secara langsung kepada masyarakat sekitar menggunakan metode door to door. 

Dalam hal ini masyarakat sekitar memberikan respon yang cukup baik. Tak jarang juga mereka memberikan saran dan kritik terhadap produk sabun 'TG Clean' tersebut agar menjadi bahan masukan untuk KUB dalam meningkatkan kualitas produk kedepannya. 

Dengan disediakannya alat dan juga membantu pemasaran produk sabun 'TG Clean' ini mahasiswa KKN UMRI berharap agar masyarakat sekitar RW 03 RT 05 Tobek Godang pada khususnya bisa turut serta dalam mendukung produk KUB lokal/sekitar. (Man)

Berita Lainnya

Index