Kreativitas Mahasiswa KKN UMRI Wujudkan Kampung Iklim Desa Padang Mutung

Kreativitas Mahasiswa KKN UMRI Wujudkan Kampung Iklim Desa Padang Mutung
Kreativitas Mahasiswa KKN UMRI Wujudkan Kampung Iklim Desa Padang Mutung

SERAMBIRIAU.COM - Memberi inovasi baru yang luar biasa dilakukan oleh mahasiswa KKN Luar Kota kelompok 9 dalam menciptakan kampung iklim di Desa Padang Mutung terkhusunya di Dusun Padang Mutung. Alasanya, karna program KKN mahasiswa tersebut ingin menciptakan Desa Tangguh Lingkungan.

Beberapa hal yang telah dilakukan oleh mahasiswa KKN Kelompok 9 Luar Kota Universitas Muhammadiyah Riau salah satu bentuk program dalam mewujudkan Desa Tangguh Lingkungan. Dengan membuat salah  program Jasa Pelayanan sampah, mengkreasikan tempat sampah, dan pembuatan bak sampah yang dimana bekerjasama dengan pemuda karna kemitraan mahasiswa KKN Kelompok 9 Luar Kota melakukan kemitraan dengan pemuda Desa Padang Mutung.   

Bentuk program jasa pelayanan sampah tersebut dimana beberapa mahasiswa mendata ke rumah penduduk Desa Padang Mutung khususnya Dusun Padang Mutung untuk mendata rumahnya warga untuk jasa pengambilan sampah di rumah warga sebanyak dua kali dalam seminggu. 

Tujuan program ini adalah untuk menciptakan kampung iklim yang sehat dan bersih serta memberitahukan kepada masyarakat Desa Padang Mutung untuk memusnakan sampah dengan tidak cara dibakar ataupun dibuang disungai sehingga terciptanya lingkungan iklim yang sehat. 

Dengan bersama pemuda, mahasiswa KKN Kelompok 9 Luar Kota Universitas Muhammadiyah Riau berinisiatif membuat bak sampah sehingga nanti sampah yang tidak dapat diolah dibuang di bak sampah. Dan sampah yang bisa diolah mahasiswa KKN  tersebut jugaa membuat sebuah olahan masker dari cangkang telur, pupuk kompos, serta kerajinan bunga dari botol bekas dan kain bekas. (***)

Berita Lainnya

Index