Sosialisasi pelatihan dasar Pembenihan - Pembesaran Bibit Ikan

Mahasiswa KKN UMRI, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Kel. Sialang Sakti Melalui Pembenihan Ikan Lele

Mahasiswa KKN UMRI, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Kel. Sialang Sakti Melalui Pembenihan Ikan Lele
Mahasiswa KKN UMRI, Tingkatkan Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Sialang Sakti Melalui Pembenihan Ikan Lele

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 10 Kelurahan Sialang Sakti, RW 03 Mengadakan Sosialisasi pelatihan dasar pembenihan dan pembesaran ikan lele guna meningatkan ekonomi masyarakat kelurahan sialang sakti. 
 Lele merupakan ikan air tawar tinggi protein. Ikan ini dikenali dengan tubuhnya yang licin, pipih memanjang, serta kumis panjang mencuat di sekitar mulutnya. 

Mudahnya untuk berkembang membuat beragam jenis lele dibudidayakan para peternak. Di Indonesia ada sejumlah jenis lele yang populer sebagai varietas ternak. Jenis lele ini terdiri dari lele alami yang ditemukan di air tawar, atau lele yang saling disilangkan. 
Di masa yang sulit ini yang sedang melanda kita semua, yaitu pandemic covid-19 Tim KKN( Kuliah Kerja Nyata) Kelompok 10 Kelurahan Sialang Sakti mengadakan sosialisasi sekaligus pelatihan di kelurahan sialang sakti, tepat nya di RW 03, Sabtu (18/09/2021)

“ Dengan adanya mahasiswa KKN UMRI di kelurahan sialang sakti ini, tepat nya di RW 03 sangat membantu bagi masyarakat, mereka mengadakan beberapa program, salah satu nya adalah sosialisasi dan pelatihan pembenihan dan pembesarak ikan lele. Dengan mengundang pemateri yang sudah professional yaitu bapak Alhendri, masyarakat dapat mengetahui lebih detail tentang dan bagaimana merawat ikan lele, bagaimana untuk proses perkembangan telur dengan waktu yang cepat. Dengan diadakan nya sosialisasi dan pelatihan ikan lele ini, saya harap warga dapat mengambil ilmu sebanyak-banyak nya terhadap pemateri," ungkap Lurah Sialang Sakti, H. Hasan Nusi.

Imam Isvahady selaku ketua KKN UMRI Kelompok 10 menambahkan, Kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembenihan dan pembesaran ikan lele merupakan kegiatan inti dari kkn ini, dikarenakan Mitra yang diambil oleh tim KKN Kelonpok 10 bergerak dalam bidang peternakan ikan lele. Maka dari itu tim kkn kelompok 10 memiliki inisiatif untuk mengadakan pelatihan sosialisasi dan pelatihan pembenihan dan pembesaran ikan lele.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 18 september 2021 jam 14.00 berjalan dengan lancar. Dalam acara tersebut tampak warga sangat antusias terhadap penjelasan dari pemateri. Berakhir nya kegiatan tersebut diharapkan kepada warga untuk lebih mengerti dan  memahami terkait pembenihan dan pembesaran ikan lele. (18/09/2021). (Man)

Berita Lainnya

Index