Mahasiswa Kkn Umri Lakukan Penanaman Hidroponik dan Obat Keluarga di Kelurahan Tobek Godang

Mahasiswa Kkn Umri Lakukan Penanaman Hidroponik dan Obat Keluarga di Kelurahan Tobek Godang

PEKANBARU, SERAMBIRIAU.COM - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) melakukan penanaman bibit hidroponik di Kantor Lurah Tobek Godang Kecamatan Binawidya Kota Pekanbaru, (Kamis, 30 September 2021).

Penanaman bibit dilakukan oleh anggota KKN Universitas Muhammadiyah Riau Kelompok 24. Adapun bibit yang ditanam adalah bibit tanaman kangkung dan pakcoy. Hal ini disambut baik oleh Bapak Lurah Tobek Godang yang di dampingi Sekretaris Lurah Tobek Godang.

"Penanaman dengan sistem hidroponik lebih banyak keunggulannya dibandingkan dengan sistem konvensional, dimana dengan sistem hidroponik waktu yang dibutuhkan lebih singkat, ruang lingkup yang digunakan juga lebih sedikit bahkan untuk ibu ibu rumah tangga yang memilki halaman rumah tidak cukup luas pun dapat menanam tanaman hidroponik, lebih bersih penerapannya dan terbebas dari pestisida" ujar Lurah. 

Penanaman dengan sistem hidroponik memiliki banyak kelebihan daripada penanaman dengan sistem konvensional, antara lain lebih sedikit ruang yang digunakan, sistem hidroponik dapat ditempatkan di mana saja, lebih singkat waktu tumbuh, lebih bersih penerapannya, nutrisi dapat didaur ulang atau disiram ke tanaman biasa, serta tidak adanya pestisida.

Selain menanam tanaman hidroponik Mahasiswa KKN UMRI kelompok 24 juga menanam Toga (Tanaman Obat Keluarga) yang dimana ini akan berguna untuk kesehatan warga sekitar Kelurahan Tobek Godang, terlebih dalam keadaan covid saat ini.

Adapun Toga yang di tanam adalah kunyit, serai, kencur, lidah buaya, dan serai. Aditya Gunadarma selaku Ketua dan perwakilan dari anggota KKN UMRI Kelompok 24 berharap dengan adanya Toga ini dapat membantu warga terutama pada saat pandemi ini, bahkan cuaca yang kadang berubah bisa mempengaruhi kondisi kesehatan warga yang harus berkegiatan ataupun bekerja di luar rumah.

Semoga dengan adanya Toga ini dapat meringankan warga dalam mengobati berbagai gejala penyakit ringan seperti pilek, batuk, demam dll. Sehingga dapat mencegah perkembangan dan penularan virus lainnya. (Man)

Berita Lainnya

Index