Audiensi Dengan Forum Anak Pekanbaru, Ini Pesan Wawako

Audiensi Dengan Forum Anak Pekanbaru, Ini Pesan Wawako
Wawako Ayat Cayhadi SSi, berfoto dengan Forum Anak Pekanbaru, Kamis (27/1/2021)

PEKANBARU - Wakil Wali Kota Pekanbaru, Ayat Cahyadi SSi mengajak anak-anak untuk ikut berpartisipasi dalam perencanaan pembangunan. Mereka bisa menyuarakan Forum Anak Kota Pekanbaru.

Ayat menyebut bahwa keberadaan forum anak ini hendak menyuarakan aspirasi anak-anak Pekanbaru. Banyak hal yang ingin disuarakan agar Kota Pekanbaru menjadi kota yang layak anak.

"Mereka ingin menyuarakan bagaimana Kota Pekanbaru menjadi kota layak anak yang nyaman untuk anak-anak," paparnya usai audiensi dengan Forum Anak Kota Pekanbaru, Kamis (27/1/2022).

Menurutnya, forum yang terdiri dari perwakilan anak di 15 kecamatan juga menyuarakan hak-hak anak mendapat akses administrasi seperti akta kelahiran.

Ada juga Kartu Identitas Anak (KIA) pun bisa diperoleh anak-anak. Forum anak juga menginginkan agar terlibat dalam perencanaan pembangunan di Kota Pekanbaru.

Ia memberi instruksi kepada seluruh lurah agar mengundang forum anak di kota dan kecamatan dalam musrenbang tingkat kelurahan.

"Libatkan mereka, tentu suara anak-anak, mereka ingin punya ini sendiri agar nyaman. Maka libatkan mereka dalam pembahasan, tentu suara anak-anak agar mereka nyaman," jelasnya.

Wawako juga menyarankan agar forum anak rutin berkordinasi dengan DP3A Kota Pekanbaru. Mereka juga bisa segera memproses surat keputusan pasca terbentuk kepengurusan pada Mei 2021 silam.

Ayat Cahyadi menilai pengurus forum anak bisa mulai menyusun program kerja hingga tahun 2023. Ketua Forum anak Pekanbaru, Agung Febriyandi menyampaikan bahwa saat ini sudah terbentuk pengurus kota hasil Musda Kota Pekanbaru.

Ada 54 orang pengurus tingkat kota dan 12 fasilitator. Mereka juga membentuk kepengurusan di tingkat kecamatan di 15 kecamatan. (Adv)

Berita Lainnya

Index