Wawako : Marhum Pekan Punya Peran Besar Hidupkan Ekonomi di Timur Pulau Sumatera

Wawako : Marhum Pekan Punya Peran Besar Hidupkan Ekonomi di Timur Pulau Sumatera
Wawako Ayat Cahyadi SSi saat jadi pembicara pada seminar daerahseminar daerah terkait pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional

PEKANBARU - Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Pekanbaru menggelar seminar daerah terkait pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah atau Marhum Pekan sebagai calon pahlawan nasional. Kegiatan berlangsung di Grand Central Hotel Pekanbaru, pada Rabu (9/2/2022). 

Salah satu pembicara dalam seminar tersebut adalah Ketua Tim TP2GD Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi yang merupakan Wakil Wali Kota Pekanbaru. Sebagai panglima besar pendiri Pekanbaru, beberapa riwayat serta data historis mengenai Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah telah dirangkum oleh TP2GD.

"Tadi sudah dipaparkan oleh beberapa pembicara mengenai historis Marhum Pekan yang juga merupakan Sultan Kelima dari Kerajaan Siak. Sebelumnya, kami juga telah menyampaikan usulan pengangkatan Pahlawan Nasional ini, kepada Menteri PMK Bapak Muhadjir Effendy. Kami juga memberikan cendera mata keoada beliau berupa buku sejarah tentang perjalanan Marhum Pekan," kata Ayat Cahyadi.

Setelah Seminar Daerah ini, kata Ayat, pihaknya akan melaporkan hasil seminar kepada Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT. "Selanjutnya kita bersama Wali Kota Pekanbaru mengusulkan kepada TP2GN untuk menggelar seminar nasional. Jika tidak ada kendala, Insya Allah bulan Maret atau April mendatang seminar nasionalnya sudah bisa digelar," jelas Ayat.

Ayat Cahyadi juga mengajak semua pihak mendukung penuh rencana pengusulan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah sebagai pahwalan nasional. "Alhamdulullah banyak suport dan dukungan dari berbagai pihak terkait pelaksaan seminar ini," kata Ayat.

Ayat juga menyebutkan, banyak yang bisa di tauladani dari sosok Marhum Pekan. Sehingga ini juga menjadi faktor penting membentuk karakter generasi bangsa terutama generasi muda Pekanbaru. "Mari kita angkat marwah negeri ini, bahwa kita sejak dulu sudah memiliki sultan yang gagah berani melawan Belanda," pesannya. (Adv)

Berita Lainnya

Index