Dosen UMRI Lakukan Pelatihan Pembuatan Modul Digital dan Konten Video Pembelajaran di Sekolah

Dosen UMRI Lakukan Pelatihan Pembuatan Modul Digital dan Konten Video Pembelajaran di Sekolah
Dosen UMRI Lakukan Pelatihan Pembuatan Modul Digital dan Konten Video Pembelajaran di Sekolah

PEKANBARU - Selasa (22/2022), Kebijakan pembelajaran dalam jaringan (daring) selama pandemi COVID-19 menimbulkan masalah baru bagi pendidikan anak khususnya di Sekolah Dasar. Pembelajaran daring dilakukan dengan menggunakan berbagai macam aplikasi seperti whatsapp, google meet, google classroom, dan zoom, namun hal ini dipadang belum efektif. Penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran telah mengalami perubahan yang drastis. 

Pembelajaran tidak lagi menggunakan pertemuan konvensional tatap muka sepenuhnya, tetapi mulai diintegrasikan dengan pembelajaran online. 

Pemerintah sudah mengizinkan kegiatan belajar tatap muka untuk sekolah-sekolah yang berada di zona hijau dan kuning, dengan serangkaian langkah-langkah persiapan dan protokol kesehatan yang ketat serta pembagian kuota siswa yang hadir kesekolah. 

Salah satunya Sekolah Dasar swasta di pekanbaru yaitu SD Muhammadiyah 1 yang coba mengimplementasikan kebijakan pembelajaran model Hybrid Learning.  Hybrid Learning merupakan jenis pembelajaran yang menggabungkan pengajaran klasikal (face to face) dengan pengajaran online. 

SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebagi mitra sekolah dari Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI) sepakat untuk mengembangkan sumber daya manusia di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru dengan membuat dan melakukan berbagai macam program kegiatan agar meningkatkan profesionalisme tenaga pendidik, salah satunya kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran dalam bentuk modul digital  dan konten video pembelajaran yang dilaksanakan selama 3 hari, mulai tanggal 22-24 Maret 2022. 

Kepala sekolah SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru, Widati, S.Ag,. MM, dalam sambutan pembukaan kegiatan menyampaikan ucapan terimakasih kepada UMRI yang telah bersama-sama selama ini untuk ikut membantu dan mendukung kemajuan di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru, kegiatan ini sangat bermanfaat sekali tentunya bagi guru-guru kami dalam upaya peningkatan keahlian guru untuk menyiapkan perangkat pembelajaran berbasis IT guna menunjang pembelajaran Hybrid Learning imbuhnya. 

Ketua pelaksana kegiatan dari UMRI yaitu Edi Ismanto, ST,.M.Kom menyampaikan bahwa ini merupakan upaya kita untuk melakukan knowledge sharing antara dosen-dosen UMRI dan guru-guru di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru,terutama dalam mengimplementasikan pembuatan media-media pembelajaran berbasis IT, pada pelatihan kali ini kita lakukan pembuatan media pembelajaran dalam bentuk modul digital dan membuat konten video pembelajaran. 

Media-media ini nanti bisa diterapkan oleh guru dalam melakukan proses belajar mengajar dengan berbagai macam pendekatan seperti Project Based Learning (PjBl) yang dianggap cocok ketika sekolah menerapkan pembelajaran model Hybrid Learning ungkapnya. Kegiatan ini diikuti oleh guru SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru sebanyak 30 orang, serta 7 pemateri dari dosen UMRI. 

Terlihat guru-guru sangat antusias mengikuti pelatihan. Selain itu ketua pelaksana kegiatan juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak-pihak yang terkait, yang membantu dalam mensukseskan kegiatan ini.
(Man)

Berita Lainnya

Index