Wali Kota Dorong OPD Pekanbaru Percepat Belanja Daerah

Wali Kota Dorong OPD Pekanbaru Percepat Belanja Daerah
Wali Kota Pekanbaru, saat video conference di Ruang Rapat Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (24/1/2022)

PEKANBARU - Wali Kota (Wako) Pekanbaru DR H Firdaus MT mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan percepatan belanja daerah sejak awal tahun. Mereka harus membelanjakannya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di masa pemulihan ekonomi.

Apalagi penggerak ekonomi yang mendominasi dari dana pemerintah. Hal ini sesuai arahan Presiden RI, Jokowi agar pemerintah daerah memetakan belanja setiap tiga bulan.

"Kepala daerah harus melakukan belanja daerah sesuai dengan program pembangunan daerah," ujar Wali Kota Pekanbaru, selepas video conference di Ruang Rapat Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (24/1/2022).

Video conference tersebut bersama Mendagri dan Ketua KPK serta Kepala LKPP. Video conference ini diikuti oleh para kepala daerah dan juga ketua DPRD.

Pemerintah pusat tidak ingin pemerintah daerah lamban di awal tahun. Lalu tergesa-gesa belanja mulai pertengahan tahun sehingga kesulitan saat proses pencairan.

Belanja daerah tersebut harus terpantau setiap tiga bulan. Ia menyebut percepatan belanja daerah ini untuk mendukung pergerakan ekonomi masyarakat.

"Belanja daerah harus dilakukan secara terbuka, caranya dengan memberi kesempatan kepada produk UMKM bisa ikut dalam toko online LKPP," paparnya.

Firdaus menyebut bahwa percepatan pemulihan ekonomi harus tetap memperhatikan regulasi yang ada. Ia tidak ingin ada yang tersangkut hukum dengan adanya percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid

Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT saat mengikuti Video conference  bersama Mendagri dan Ketua KPK serta Kepala LKPP. Video conference ini diikuti oleh para kepala daerah dan juga ketua DPRD. (Adv)PEKANBARU - Wali Kota (Wako) Pekanbaru DR H Firdaus MT mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) melakukan percepatan belanja daerah sejak awal tahun. Mereka harus membelanjakannya untuk menggerakkan ekonomi masyarakat di masa pemulihan ekonomi. (Adv)

Berita Lainnya

Index