Wali Kota Pekanbaru Targetkan Vaksinasi Lansia Bisa Capai 70 Persen

Wali Kota Pekanbaru Targetkan Vaksinasi Lansia Bisa Capai 70 Persen
Wali Kota Pekanbaru Dr H Firdaus MT

PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Dr. H. Firdaus, S.T, M.T menargetkan bahwa vaksinasi bagi masyarakat lanjut usia atau lansia di Kota Pekanbaru harus digesa hingga mencapai 70 persen. Capaian vaksinasi bagi lansia di Kota Pekanbaru masih 63,77 persen dari total target sebanyak 52.769 orang. 

"Kita targetkan capaian vaksinasi lansia kita bisa mencapai 70 persen. Ini harus digesa," ujar Wali Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa (15/2/2022). 

Tim Satgas sudah membentuk unit pelayanan hingga ke rumah untuk mempercepat vaksinasi lansia. Ia mengaku tim masih kesulitan untuk memberi vaksin bagi lansia. 

Satu kendala, yakni keluarga tidak mengizinkan orangtuanya yang lansia mendapat suntik vaksin. Ia pun mengingatkan tim dinas kesehatan dan puskesmas memberi pemahaman kepada keluarga agar keluarga bersedia lansia di rumahnya mendapat suntik vaksin. 

"Jadi tim lapangan bisa memberi pengertian kepada keluarga, agar lansia di rumah bisa diberi suntikan vaksin," paparnya. 

Sebelumnya, Wali Kota Pekanbaru juga meminta agar Puskesmas, RT/RW, lurah dan camat bersinergi dan melakukan pendataan serta sosialisasi terhadap Lansia diwilayahnya masing-masing. Total Lansia yang menjadi sasaran vaksinasi adalah 52.759 Lansia. 

Sementara itu, jumlah Lansia yang sudah mendapatkan vaksinasi dosis pertama berkisar 33 ribuan Lansia. Sedangkan yang sudah mendapatkan dosis lengkap berkisar 29 ribuan Lansia. 

Pemberian vaksin ini juga upaya mencegah penyebaran Covid-19. Vaksinasi ini bertujuan agar mencapai imunitas kelompok di tengah masyarakat.(Adv)

Berita Lainnya

Index