• Follow Us On : 
Firdaus Tantang UIN Suska Ciptakan SDM Unggul Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Khairunnas Rajab MAg menandatangani MoU dengan Pemko Pekanbaru bersama Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT di Auditorium Rektorat UIN, Rabu (11/5/2022).

Firdaus Tantang UIN Suska Ciptakan SDM Unggul

Rabu, 11 Mei 2022 - 12:45:23 WIB

PEKANBARU - Dihadapan para Civitas Akademis Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Wali Kota Pekanbaru menyampaikan 'rahasia' dalam memimpin Pekanbaru selama satu dekade. Dalam pidatonya, Dr H Firdaus ST MT menyebutkan apa yang dilakukannya saat ini bersama Wakil Walikota Pekanbaru H Ayat Cahyadi SSi merupakan pondasi untuk Kota Pekanbaru siap menghadapi tantangan global kedepannya.

Baik dalam mempersiapkan infrastruktur, hingga Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Karena menurutnya, Indonesia kedepan akan menghadapi tantangan yang besar dari dunia, terutama ekonomi dan teknologi. Bagaimana tidak, prediksi Indonesia menjadi negara besar di tahun 2045 sudah terlihat saat ini dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat.

''Amanah konstruksi dan visi negara adalah bagaimana menjamin kesejahteraan bangsa dan untuk mencapai itu salah satu kuncinya bagaimana mencerdaskan bangsa. Dan pencerdasan bangsa ini rohnya adalah bagaimana membangun smartcity dan Pekanbaru sudah memulainya," jelas Firdaus.

Sebagaimana diketahui, Kota Pekanbaru sudah dinobatkan menjadi smartcity rangking 3 nasional dari 500 an Kabupaten/Kota di Indonesia. Ini adalah bukti bahwa pemanfaatan SDM yang unggul sudah membuahkan hasil yang cukup positif. Namun begitu, Firdaus juga menjelaskan ada peluang besar agar masyarakat Pekanbaru tetap menjadi tuan rumah di rumahnya sendiri.

Sebagai contoh, Kawasan Industri Tenayan (KIT) yang dibangun akan membuka peluang 150 ribu tenaga kerja dan itu diharapkan dapat diisi oleh anak-anak Pekanbaru dan Riau khususnya. Untuk itu, Firdaus memberi tantangan kepada UIN Suska Riau untuk bisa mencipta tenagakerja unggul dari para alumninya guna ikut menjawab tantangan kedepan.

"Apa yang dilakukan Walikota Pekanbaru sudah tepat, dan sekarang apa yang menjadi tantangan Walikota juga sudah kami lakukan. InsyaAllah, dengan langkah serentak maka apa yang dicita-citakan bersama akan tercapai," ujar Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Khairunnas Rajab MAg.

Untuk langkah awal, Rektor UIN Suska Riau Prof Dr H Khairunnas Rajab MAg menandatangani MoU dengan Pemko Pekanbaru bersama Walikota Pekanbaru Dr H Firdaus ST MT di Auditorium Rektorat UIN, Rabu (11/5/2022). Selain itu, juga dilakukan penandatangan Memorandum Of Agreemant (MoA) antara Dekan Fakultas Pertanian UIN Suska dengan Dinas Pertanian Kota Pekanbaru.

Terlihat hadir mendampingi Walikota Pekanbaru, Kepala Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru Dr Ismardy, Kepala Dinas Koperasi Sarbaini, Kepala Dinas Pertanian dan Kesehatan Hewan, drh Firdaus, Kepala Dinas Sosial DR Idrus dan sejumlah pejabat lainnya.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Hari Sumpah Pemuda ke-91, Wako Firdaus Imbau Generasi Milenial Kota Pekanbaru Tingkatkan Kualitas un

Senin, 28 Oktober 2019 - 20:18:12 WIB

Layanan Mal Pelayanan Publik Akan Kembali Beroperasi

Jumat, 29 Mei 2020 - 14:14:06 WIB

DPRD Riau Dorong Vaksinasi Covid-19 Sampai ke Tingkat Kampung-Kampung

Kamis, 03 Juni 2021 - 08:22:58 WIB

Sekdako : PPKM Level IV Pekanbaru Bisa Diperpanjang Sampai 23 Agustus 2021

Senin, 09 Agustus 2021 - 22:49:47 WIB

Wako Pekanbaru Pastikan Belajar Tatap Muka di Sekolah Tanpa Kendala

Kamis, 18 Februari 2021 - 15:55:28 WIB

Sekdako Pekanbaru : Pariwisata Di Kota Pekanbaru Sudah Mulai Bergeliat

Senin, 25 Januari 2021 - 15:14:36 WIB

BERGABUNG DI SINI