Komitmen Dibidang Kearsipan, Wali Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Dari ANRI

Komitmen Dibidang Kearsipan, Wali Kota Pekanbaru Raih Penghargaan Dari ANRI
Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus MT menerima penghargaan atas komitmennya dibidang kearsipan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo pada peringatan Hari Kearsipan Nasional Ke 51

PEKANBARU - Usaha Pemerintah Kota Pekanbaru dalam mendorong terwujudnya penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu memperoleh apresiasi dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Rabu (18/5/2022).

Dimana, Wali Kota Pekanbaru, DR H Firdaus MT menerima penghargaan atas komitmennya dibidang kearsipan yang diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Tjahjo Kumolo pada peringatan Hari Kearsipan Nasional Ke 51 Tahun 2022 di Hotel Pangeran.

"Bicara masalah arsip hari ini, itu bagian dari reformasi birokrasi. Singkatnya bagaimana pemerintah pusat dan pemerintah daerah bisa mempercepat perizinan dan pelayanan kepada masyarakat," dalam sambutannya.

Kearsipan memiliki peranan penting sebagai sumber informasi yang terekam dan objektif. Saat ini, ANRI telah menghimpun arsip dari pemerintah pusat, pemerintah daerah hingga di tingkat desa/kelurahan.

"Sejalan dengan arahan Presiden Indonesia mengelola arsip harus semakin baik sehingga dapat menjadi landasan untuk membuat kebijakan yang cepat dan tepat. Memang penyelenggaraan kearsipan sangat tergantung sinergisitas kebijakaan kearsipan. Maka, perlu pembinaan, pengelolaan yang harus didukung dengan SDM berkualitas," terangnya.

Dijelaskan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Ir H Nelfiyonna MSi bahwa penghargaan ini diberikan oleh pemerintah pusat atas dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap penyelenggaraan kearsipan di lingkungan Pemko Pekanbaru.


"Salah satu bentuk komitmen Walikota adalah dengan pencanangan gerakan nasional sadar tertib arsip atau GNSTA. Sejak pertama kali digelar audit kearsipan pada tahun 2018 hingga saat ini, Pemko telah menunjukan komitmennya dengan memperbaiki tata kelola kearsipan hingga berbasis digital (penggunaan aplikasi srikandi,red)," jelasnya.

Keseriusan pengelolaan arsip juga ditunjukan dengan rencana pembangunan depo arsip lima lantai di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya. "Yang mana, usulan pembangunan pada tahun 2020. Namun karena terkendala pandemi covid-19 rencana ini jadi tertunda. Semoga kedepannya bisa segera terealisasikan" tutupnya.

Berita Lainnya

Index