Jelang Pergantian Tahun Volume Kendaraan di Jalan Sumbar-Riau Bakal Padat

Jelang Pergantian Tahun Volume Kendaraan di Jalan Sumbar-Riau Bakal Padat
Situasi jalan lintas Riau-Sumbar jelang pergantian tahun

PAYAKUMBUH- Volume kendaraan melintas di Jalan Sumbar-Riau sejak Jumat-Senin (23-26/12/2016), mengalami peningkatan 15-20 persen. Kendaraan roda dua dan empat dari arah Propinsi Riau menuju Sumbar terlihat ramai lancar. 

"Memang ada peningkatan volume kenderaan melintas dari Riau menuju Sumbar. Tetapi masih dalam kondisi ramai lancar, tidak ada kemacetan," sebut Kasat Lantas Polres Payakumbuh, Iptu Yudi Satria, disela-sela melakukan pemantauan di Posko Operasi Lilin Singgalang 2016, di Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, Propinsi Sumatera Barat.

Disampaikannya, puncak arus lalulintas di Jalan Sumbar-Riau akan terjadi pada 30 Desember 2016 menjelang malam pergantian tahun. Mengingat, tingkat aktivitas masyarakat pada malam pergantian tahun tinggi. 

"Kita prediksi puncak arus lalulintas sepanjang operasi Lilin akan berlansung pada malam pergantian tahun. Kenderaan dari arah Riau menuju Sumbar untuk menyambut malam pergantian tahun tetap akan mendominasi," sebut Kasat. 

Kasat Yudi Satria, mengajak masyarakat pengguna jalan Sumbar-Riau terutama di Jalan Lurus Akabiluru, dan Jalan Lintas Payakumbuh-Lintau untuk mewaspadai titik-titik rawan kecelakaan lalin. Mengingat pada beberapa bagian Jalan Raya itu kondisinya sangat bagus dan lurus, sehingga kebanyakan pengguna jalan memacu kenderaan.

 "Kita meminta pengguna jalan untuk mewaspadai titik-titik rawan kecelakaan, terutama di Jalan lurus, karena kesempatan memacu kenderaan sangat terbuka," sebutnya menghimbau pengendera kenderaan baik roda dua dan empat. 

Dia juga meminta kepada orangtua untuk tidak memberikan izin kepada anak-anaknya terutama yang dibawah umur mengenderai kenderaaan pada malam pergantian tahun, untuk menghindari terjadinya kecelakaan lalulintas. 

"Kita menghimbau kepada para orangtua untuk tidak mengizinkan anak-anaknya mengenderai kenderaan pada malam pergantian tahun, terutama yang dibawah umur. Kita meski mengedepankan operasi kemanusiaan dapa operasi Lilin ini, tetapi tetap akan menindak pelanggar lalulintas. Kemudian pengguna knalpot recing akan kita tindak, dan yang balap-balapan di jalan raya," sebutnya mengingatkan. (bpc)

Berita Lainnya

Index