• Follow Us On : 
Sebagai Luaran dan Syarat Kelulusan Mata Kuliah Hizbul Wathan di FIP UMJ.

Kursus Jaya Melati Satu (JATI 1)

Sebagai Luaran dan Syarat Kelulusan Mata Kuliah Hizbul Wathan di FIP UMJ.

Rabu, 27 Juli 2022 - 09:36:15 WIB

SERAMBIRIAU.COM - Qobilah Panglima Jenderal Sudirman dan Khadijah Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan Selenggarakan Scouting Skill Competition National 2 dan Kursus Jaya Melati Satu (JATI 1) yang di ikuti oleh Pandu Penuntun Hizbul Wathan beberapa Perguruan Tinggi se-Indonesia diadakan pada Jum'at-Ahad, 23- 25 Zulhijah 1443 H. Bertepatan dengan 22-24 Juli 2022 M di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Kursus Jaya Melati Satu adalah Pelatihan untuk calon pelatih qobilah gerakan kepanduan Hizbul Wathan. Kursus Jaya Melati Satu ini diwajibkan bagi setiap mahasiswa fakultas ilmu pendidikan yang mengambil mata kuliah Hizbul Wathan, mata kuliah Hizbul Wathan sudah menjadi mata kuliah wajib dengan bobot 3 SKS selama satu semester. Kegiatan tersebut bertujuan untuk membangun karakter cinta tanah dan memberikan keterampilan kepanduan dan sebagai luaran mata kuliah Hizbul Wathan. Sementara Scouting Skill Competition National 2 (SSC2) merupakan ajang untuk bersilaturrahmi pandu penuntun se-Indonesia dengan harapan mampu memacu para pandu penuntun supaya giat berlatih dan berinovasi sesuai dengan bidang giatnya yang di minati. Kedua kegiatan tersebut dilaksanakan setiap satu tahun sekali di Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sania mahasiswi PGSD semester 6 selaku ketua Kafilah Penuntu Khadijah UMJ menyampaikan bahwa "Pelaksanaan Jati 1 FIP dan SSC 2 kali ini berbeda dari tahun sebelumnya, karena JATI 1 dan SSC2 dilaksanakan dalam satu rangkaian dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah pelaksanaan kegiatan kursus JATI 1", ujar Sania

Dr. Iswan, M.Pd dekan fakultas ilmu pendidikan menegaskan, bahwa Fakultas Ilmu Pendidikan UMJ adalah salah satu pelopor penyelenggara mata kuliah Hizbul Wathan dengan luaran kursi Jaya Melati Satu yang awalnya dipelopori oleh beberapa dosen yaitu Dr. Misriandi M.Pd, Dr. Sri Imawati, M.Pd dan beberapa Pelatih (Rinanto, Sumardi, Moh. Asnan, Firdaus) yang tergabung dalam Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan UMJ. Mata kuliah Hizbul Wathan Menanamkan nilai nilai akhlakul karimah dalam setiap kegiatanya. Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah universitas yang bisa menjadi rujukan dalam mengintegrasikan antara pelaksanaan pembelajaran mata kuliah HIzbul Wathan dengan Kursus Jaya Melati Satu sebagai luaran.

Sangat menarik pada acara Kursus Jaya Melati Satu dan Secouting Skill Competition National 2 ini karena semua peserta sejumlah 673 dan tim pelatih utusan dari kwartir Pusat menginap di tenda sehingga suasan perkemahan sangat meriah. Rektor UMJ (Dr. Ma'mun Murod, M.Si) membuka acara beserta Dekan Fakultas Ilmu Pendidikan Dr. Iswan, M.Si dan jajarannya turut hadir dalam upacara Pembukaan, acara tersebut juga dihadiri Ketua Umum kwartir Pusat Ramanda Endra Widyarsono dan Sekretaris Umum Ramanda Zairin sekaligus sebagai superviso dalam Pelatihan ini. Harapannya, dengan adanya kegiatan perkemahan kursus Jaya melati satu di UMJ dapat menjadi syi'ar persyaratan Muhammadiyah melalui pendidikan kepanduan Hizbul Wathan di perguruan tinggi. Pungkas Rinanto Wakil Pimpinan Kursus.

Penulis : Antok HW UMJ


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT
Tenggelam

Dahsat, Kapal Ferri Berpenumpang Ratusan Orang Tenggelam

Jumat, 22 Desember 2017 - 09:20:22 WIB

Perjuangkan DED Tahura SSH, DLHK Riau Sambangi SKK Migas Pusat

Selasa, 06 September 2022 - 11:27:48 WIB

Viral

Keraton Agung Sejagat Dipastikan Bukan Penerus Kerajaan Majapahit

Kamis, 16 Januari 2020 - 14:31:08 WIB

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Asia Panjat Tebing 2019

Senin, 11 November 2019 - 15:03:41 WIB

Tim SARMMI dan Elemen Lain Evakuasi Dua Jenazah Korban Erupsi Semeru

Jumat, 10 Desember 2021 - 06:12:35 WIB

Tegas, MUI Jatim Imbau Pejabat Muslim Tak Perlu Ucapkan Salam Agama Lain

Ahad, 10 November 2019 - 21:34:30 WIB

BERGABUNG DI SINI