Berjalan Kaki Dari Rumah Dinas, Pj Wali Kota Ziarah ke Makam Marhum Pekan

Berjalan Kaki Dari Rumah Dinas, Pj Wali Kota Ziarah ke Makam Marhum Pekan
Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun berziarah ke Kompleks Pemakaman Marhum Pekan, di samping Masjid Raya Senapelan, Rabu (22/6/2022)

PEKANBARU - Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun berziarah ke Kompleks Pemakaman Marhum Pekan, di samping Masjid Raya Senapelan, Rabu (22/6/2022).

Rangkaian ziarah diawali dengan berjalan kaki dari rumah dinas wali kota. Pj wali kota bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah dan kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berjalan kaki dari rumah dinas wali kota menjelang Ba'dha Ashar.

Sesampainya di Masjid Raya Senapelan, Pj wali kota langsung salat Ashar. Usai salat, Pj wali kota dan rombongan masuk ke Kompleks Makam Marhum Pekan. Pj Wali Kota mendengarkan senarai terkait para raja yang dimakamkan di dalam Kompleks Makam Marhum Pekan. 

Dalam Kompleks Makam Marhum Pekan ini terdapat makam Sultan Muhammad Abdul Jalil Mu'azamsyah (Marhum Pekan). Ia merupakan sultan ke-V dari Kerajaan Siak Sri Indrapura. 

Kemudian, makam Syaid Syarif Usman Shabuddin (Marhum Barat), makam Tengku Embong Badari'ah (Istri Syaid Usman), makam Sultanna Khodijah (istri Marhum Bukit), makam Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah (Marhum Bukit), dan makam Tengku Pangeran Kesuma Dilaga. 


Kegiatan dilanjutkan dengan mendoakan para arwah para raja Kerajaan Siak Sri Indrapura. Selanjutnya, Pj Wali Kota menaburkan bunga ke makam para raja. 

Usai prosesi ziarah, Pj Wali Kota Muflihun mengatakan, ziarah Makam Marhum Pekan ini merupakan rangkaian kegiatan HUT ke-238 Pekanbaru. Dari senarai ringkasan, 23 Juli ditetapkan sebagai hari lahirnya Pekanbaru. 

"Jadi, ziarah ini untuk mendoakan para pendiri Pekanbaru. Mari kita sama-sama berdoa agar arwah pendiri Pekanbaru bisa diterima di sisi Allah SWT," ujarnya. 

Ziarah ini guna melihat kembali sejarah Pekanbaru. Makanya, para pejabat Pemko harus bersungguh-sungguh membesarkan Kota Pekanbaru.  "Ziarah ini rutin dilakukan setiap tahun," ucapnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index