Akademika

Program Parenting SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru Bersama Dr. Santoso

Program Parenting SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru Bersama Dr. Santoso

PEKANBARU - SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru adalah salah satu amal usaha Muhamadiyah dibawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah Pekanbaru Kota. Sekolah ini sangat menarik dengan latar belakang dan prestasinya. Baik prestasi peserta didik, guru-guru maupun kepala sekolahnya. 

Sekolah hebat yang berada di lingkungan pasar tradisional ini pada awalnya menjadi beban sosiologis bagi sekolah. Belakangan kondisi lingkungan pasar justru menjadi pengungkit untuk meningkatkan kreatifitas sekolah. 

Prestasi ditingkat lokal maupun nasional mulai ditorehkan dalam 5 tahun terakhir. Mencermati perkembangan tantangan pendidikan di era baru ini, SD Muhammadiyah 1 mulai mempersiapkan diri dengan program belajar integratif. 

Dalam program ini, dikemas agar kegiatan belajar anak bukan semata-mata menjadi tugas guru dan sekolah tetapi juga menjadi tugas orangtua. Di era baru ini peran orangtua dan sekolah harus bersinergi untuk mengahadapi tantangan baru. 

Dalam rangka mempersiapkan orangtua berwawasan belajar tentang perkembangan anak, diselenggarakan kegiatan parenting secara berkala. 

Dalam kegiatan tersebut, SD Muhamadiyah 1 menggandeng Dr. Santoso, M.Si, dosen Psikologi Islam Umri dan sekaligus Ketua Asosiasi Psikologi Islam Wilayah Riau sebagai narasumber. 

Dalam acara tersebut Widati, S. Ag. MM. selaku Kepala SD Muhamadiyah 1 mengatakan bahwa program parenting ini merupakan langkah strategis dalam rangka meningkatkan peran orangtua. 

Sekolah harus berkolaborasi dengan orangtua untuk bersama-sama mendidik anal-anak agat tercapai visi dan misi sekolah.

Dr. Santoso dalam kajiannya menyampaikan bahwa pendidikan dewasa ini perlu dibangun dengan prespektif baru. Setiap anak memiliki potensi yang beragam dan positif.  

Dalam rangka memfasilitasi dan mengakomodir semua bakat dan minat yang dimiliki oleh anak-anak, pihak sekolah mewadahi dengan banyak kegiatan ekstrakurikuler yaitu : Bela Diri Tapak Suci, Robotic, Tahfidz, Drumband, English Club, Menari, Olympiade Sains, Pidato tiga Bahasa ( Inggris, Arab dan Indonesia) dan Bulu Tangkis. 

Dengan banyaknya kegiatan Ekstrakurikuler, anak-anak bisa mengasah kemampuan dan bakatnya secara maksimal. Pemanfaatan tekhnologi juga menjadi perhatian penting yang wajib untuk di perhatikan. 

Dengan program belajar integratif SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru tengah mempersiapkan diri menjadi sekolah unggul berwawasan global dan berkarakter Islami. (Man)

Berita Lainnya

Index