Besok Tol Pekanbaru - Bangkinang Resmi Dibuka, Gratis Tapi Tetap Pakai Kartu e Tol

Besok Tol Pekanbaru - Bangkinang Resmi Dibuka, Gratis Tapi Tetap Pakai Kartu e Tol
Pintu tol Pekanbaru - Bangkinang

PEKANBARU - Tol Pekanbaru - Bangkinang resmi mulai dibuka untuk umum, Kamis (27/10/2022) besok. Gubernur Riau Syamsuar akan membuka langsung ujicoba tol sepanjang 31 kilometer ini pada pukul 07.00 WIB.

"Sesuai dengan apa yang sudah disampaikan pihak HK, saya diminta untuk melakukan ujicoba tol Pekanbaru - Bangkinang tanggal 27 Oktober besok mulai pukul 07.000 WIB," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Rabu (26/10/2022).

Gubri Syamsuar menegaskan, untuk sementara selama masa ujicoba ini, pengendara yang melintasi tol Pekanbaru - Bangkinang tidak dipungut bayaran alias gratis.

"Iya, gratis selama masa ujicoba, tapi tetap menggunakan kartu e tol," ujarnya.

Sebelumnya, PT Hutama Karya (HK) memastikan bahwa tol Pekanbaru-Bangkinang sudah siap untuk dioperasionalkan. Sesuai jadwal uji coba tol Pekanbaru-Bangkinang akan mulai dibuka pada tanggal 27 Oktober mendatang. 

"Semua sudah kita penuhi, mulai dari izin laik fungsional sudah kita dapatkan, laik operasi juga sudah, kemudian perintah untuk operasionalnya juga sudah," kata Branch Manager Tol Pekanbaru - Dumai Indrayana, Jumat (21/10/2022) lalu.

Tidak hanya itu, Indrayana juga mengungkapkan bahwa Surat Keputusan (SK) penetapan tarif tol Pekanbaru - Bangkinang juga sudah dikeluarkan oleh Kementerian PUPR. 

"SK penetapan tarif juga sudah," katanya.

Indrayana mengatakan, sesuai SK yang sudah ditetapkan tarif tol Pekanbaru-Bangkinang untuk kendaraan golongan 1 (Sedan, Jip, Pick Up/Truk Kecil, dan Bus) adalah sebesar Rp 33 ribu. 

"Sekitar Rp 33 ribu untuk kendaraan golongan 1," kata Indrayana.

Seperti diketahui tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan satu dari enam ruas tol baru di Indonesia akan segera dioperasikan. Jalan bebas hambatan tersebut, merupakan bagian Jalan Tol Trans Sumatera, Pekanbaru-Padang.

Tol Pekanbaru - Bangkinang merupakan koridor pendukung atau sirip dari ruas tol Pekanbaru-Padang sepanjang 254 kilometer. Memiliki main road sepanjang 40 kilometer serta 6 jembatan dan 2 rest area. 

Jarak dari Pekanbaru-Bangkinang jika melewati jalan nasional adalah sekitar 58,8 Km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 40 menit. Sedangkan jika menggunakan tol jarak tempuhnya hanya 25-30 menit saja. (man)

Berita Lainnya

Index