• Follow Us On : 
Pj Wali Kota Dukung Baznas Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kota Pekanbaru Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP saat memimpin rapat optimalisasi pengumpulan zakat di Pekanbaru, Senin (10/10/2022)

Pj Wali Kota Dukung Baznas Optimalisasi Pengumpulan Zakat di Kota Pekanbaru

Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:20:54 WIB

PEKANBARU - Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP  mengumpulkan seluruh Kepala OPD dan Camat dilingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru, di Ruang Multimedia Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin (10/10/2022). Agenda ini bertujuan dalam rangka optimalisasi pengumpulan zakat di lingkungan Pemko Pekanbaru.

Ketua Baznas Pekanbaru, Endang Muda, menjelaskan capaian pengumpulan zakat di Pekanbaru masih jaih dari harapan. "Dari potensi zakat pekanbaru sebesar Rp 120 Miliar setahun, baru dikumupulkan sekitar Rp 6,4 miliar. Kita maaih kalauh dengan Kabupaten Kampar, Pelalawan dan Kuansing," ujarnya.

Sementara dari zakat ASN lingkup Pemko Pekanbaru yang memiliki potensi Rp 18,8 miliar pertahunnya. Namun realisasi Rp 3,6 miliar. Artinya tak terkutip Rp 15,2 miliar. "Zakat itu perintah, jadi wajib ditunaikan," sampainya.

Sejauh ini, kata Endang pihaknya telah menyalurkan bantuan zakat secara transparan. Zakat yang dikumpuljan ditunaikan pada Mustahiq. Untuk masyarakat produktif seperti petani dan peternak bisa mendapat zakat sampai Rp 10 juta untuk perorangan. Sementara untuk komunitas pengusaha kecil bisa sampai Rp 25 juta.

"Dengan bantuan yang maksimal, kami dari Baznas yakin yang menerima zakat sekarang, pada tahun berikutnya bisa menjadi Muzakki zakat. Untuk itu kami minta bantuan Pj Wali Kota agar bisa mengimbau para ASN untuk menunaikan zakatnya. Pasalnya sekitar 80 persen zakat yang terkumpul di Baznas berasal dari para ASN," jabarnya.

Disisi lain, Pj Wali Kota mengimbau ASN untuk dimasing - masing OPD mengutip zakat dari gaji dan tunjangan kinerja (tukin) ASN. Dimana saat ini, ada 18 OPD lingkup Pemko Pekanbaru yang belum mengumpulkan zakatnya.

"Seperti tukin itu bonus, apa salahnya dikeluarkan zakatnya sebesar 2,5 persen. Dengan membayar zakat rezeki kita semoga bertambah dan urusan kita dipermudah," ujar Muflihun.

Muflihun mengaku prihatin dengan melihat kondisi zakat di Kota Pekanbaru dari data Baznas. Padahal, munurutnya, jika terjadi bencana Baznas siap menyalurkan bantuan.

Camat dan lurah juga diminta Pj Wali Kota segera mengumpulkan para imam Mesjid untuk membentuk UPZ disetiap Mesjid yang ada di Pekanbaru. Sehingga masyarakat juga lebih mudah menunaikan zakat, infaq dan sedekah di Mesjid terdekat.

"Mudah - mudahan tak hanya ASN, tapi seluruh masyarakat yang telah wajib zakat dapat menunaikannya melalui Baznas. Sehingga bisa membawa Pekanbaru ke arah yang lebih baik ," harapnya.

Turut mendampingi Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP, Asisten I Setdako Syoffaizal, Asisten II Setdako Elsyabrina dan Asisten III Setdako Masykur Tarmizi. (Adv)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Belanja Persiapan Ramadan, Pembeli di Pasar Pagi Arengka Membeludak

Ahad, 05 Mei 2019 - 13:27:46 WIB

"Dinilai Terlalu Mahal dan Pemborosan"

Ketua DPRD Riau Batalkan Pengadaan Pembelian Mobil Dinas Baru

Sabtu, 21 Maret 2020 - 14:28:05 WIB

Kepala Disketapang Pekanbaru serahkan bantuan bibit dan pupuk kepada Kelompok Tani

Rabu, 23 September 2020 - 14:28:03 WIB

ODP asal Luar Negeri Sudah Berkurang Lewati Jalur Pelabuhan BSL

Kamis, 02 April 2020 - 16:48:02 WIB

Pemko Pekanbaru Rawat Satu Keluarga Positif Corona di Rumah Sehat Rusunawa Rejosari

Jumat, 04 September 2020 - 15:21:53 WIB

Wako Pekanbaru Targetkan Transportasi Feeder Bisa Beroperasi Akhir Tahun 2020

Selasa, 23 Juni 2020 - 11:42:23 WIB

BERGABUNG DI SINI