• Follow Us On : 
Pj Wako Tinjau PDAM bersama Dirjen Pembiayaan Kementerian PUPR Pj Wako, Muflihun SSTP MAP bersama Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PUPR Dr Ir Herry Trisaputra Zuna MT, perwakilan BWSS III Sumatera, Pihak PDAM Tirta Siak dan Sejumlah Pejabat Eselon II Pemko Pekanbaru saat menggelar pertemuan di Kantor PDAM

Pj Wako Tinjau PDAM bersama Dirjen Pembiayaan Kementerian PUPR

Rabu, 02 November 2022 - 10:09:03 WIB

PEKANBARU - Pj Wali Kota (Wako) Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP mendampingi Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Dr Ir Herry Trisaputra Zuna MT saat melakukan peninjauan PDAM Tirta Siak Pekanbaru, di Jalan Kayu Mas, Kelurahan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki, Kota Pekanbaru, pada Rabu (2/11/2022).

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri perwakilan Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III Sumatera, Kepala PDAM Tirta Siak, Agung Anugerah, Asisten I Setdako Pekanbaru, Syoffaizal, Kepala Bappeda, Achmad dan Kepala Dinas Dinas PUPR, Indra Pomi.

Dalam pertemuan di Kantor PDAM tersebut, beberapa poin penting dibahas, diantaranya, program nasional berupa Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di wilayah Pekanbaru, dampak kerugian jalan fasiltas umum yang rusak akibat proyek SPAM, normalisasi sungai dan tentunya perkembangan infrastruktur di Kota Pekanbaru.

Proyek pembangunan SPAM Pekanbaru tahap pertama sudah tuntas dilaksanakan, dan diperkirakan mampu melayani hingga 60.000 pelanggan Kota Pekanbaru. Untuk pipa air bersih, akan ada di 7 kecamatan  yaitu Kecmatan Pekanbaru Kota, Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Limapuluh dan Bukit Raya.

"Kualitas airnya cukup bagus, setelah kami tinjau tadu. Jadi masyarakat Pekanbaru jangan ragu berlangganan. Namun belum semua tahapan selesai, baru tahap 1 yang terpasang yaitu Kecamatan Sukajadi dan Payung Sekaki. Masih ada 5 tahapan lagi," ujar Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR, Dr Ir Herry Trisaputra Zuna MT.

Pj Wako Pekanbaru sangat berterimakasih kepada Kementerian PUPR, yang telah berupaya menjamin ketersediaan air bersih di Kota Pekanbaru. Namun demikian, pihak Pemko Pekanbaru banyak menerima masukan dari masyarakat akibat dampak proyek SPAM ini.

"Salah satunya jalan rusak, kasihan masyarakat kita, kami sudah banyak menerima aduan terkait kerusakan jalan akibat proyek SPAM. Tadi sudah diusulkan kepada Pak Dirjen, kita juga akan cari solusi bersama," kata Muflihun.

Selain itu, Pj Wako juga mengusulkan bantuan infrastruktur untuk Kota Pekanbaru kepada Dirjen Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Kementerian PUPR tersebut. Selain perbaikan jalan nasional, ada bantuan pembangunan kantor lurah serta sekolah tingkat dasar yang diusulkan.

Disisi lain, Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution akan terus berkoordinasi dengan BWSS Wilayah III Sumatera untuk upaya normalisasi sungai yang ada di Pekanbaru. "Alhamdulillah berbagai upaya telah dilakukan BWSS bahkan sudah ada MoU atara BWSS dan Pemko Pekanbaru untuk normalisasi Sungai Sail. Tinggal aksi saja," ujarnya.

Untuk kerusakan jalan yang ditimbulkan oleh proyek IPAL dan SPAM, Indra Pomi menyebutkan pihaknya terus mendorong pihak kontraktor untuk menutup galian dan mengaspal kembali.

"Galian PDAM udah kita tegur, baik pihak PDAM dan PT PP Tirta Madani. Kami meminta mereka memperbaiki beberupa ruas jalan. Terutama Jalan Dahlia yang tengah menjadi sorotan," pungkas Indra Pomi.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

M Noer Pensiun, Pejabat Sekdako Baru Sudah Diperoses

Kamis, 18 Juni 2020 - 13:57:34 WIB

Wali Kota Pekanbaru Tanda Tangani Perwako Isolasi Mndiri OTG

Selasa, 20 Oktober 2020 - 22:23:24 WIB

Oknum Tak Tertib Buang Sampah Sulitkan Pekerjaan Petugas

Selasa, 25 Januari 2022 - 13:39:31 WIB

Lingkungan

Ditengah Upaya Penanganan Covid-19, Polda Riau tetap Komit Tangani Karhutla

Jumat, 01 Mei 2020 - 11:06:34 WIB

Jika Gugus Tugas Bubar, Pemko Pekanbaru Tetap Umumkan Perkembangan Covid-19

Rabu, 22 Juli 2020 - 13:24:14 WIB

Pagi Ini Pemko Pekanbaru Kembali Bongkar TPS di Area STC

Jumat, 28 Februari 2020 - 09:30:42 WIB

BERGABUNG DI SINI