• Follow Us On : 
Pj Wali Kota Dipuji Mendagri, Pemko Komitmen Atasi Stunting dan Tekan Inflasi Daerah Pj Wako Muflihun SSTP MAP mengikuti Rakot dengan Mendagri Tito di aula pertemuan Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (8/11/2022)

Pj Wali Kota Dipuji Mendagri, Pemko Komitmen Atasi Stunting dan Tekan Inflasi Daerah

Selasa, 08 November 2022 - 10:17:25 WIB

PEKANBARU - Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP mendapat pujian dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam rapat koordinasi gubernur dengan bupati/wali kota, camat, dan lurah. Di samping itu, Kecamatan Rumbai juga mendapat dana pembinaan Rp50 juta dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) atas penyerapan anggaran terbaik. 

Dalam pemaparannya, Mendagri Tito di aula pertemuan Hotel Grand Central Pekanbaru, Selasa (8/11/2022), mengungkapkan, pendapatan Kabupaten Bengkalis cukup tinggi. Belanjanya juga cukup tinggi. Disusul Kota Pekanbaru, Kabupaten Kampar, Kabupaten Siak, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Indragiri Hilir. 

"Terima kasih kepada Pj wali kota. Hormat saya," katanya. 

Tapi Kabupaten Kuantan Singingi, Pelalawan, Indragiri Hulu, Rokan Hulu, Kepulauan Meranti, dan Kota Dumai belum mendapat target penyerapan anggaran. Belanjanya masih rendah. Mudah-mudahan, belanjanya tinggi di akhir tahun,"

Realisasi belanja dapat mempengaruhi tingkat inflasi. Jika kepala daerahnya berstatus Penjabat (Pj), maka status Pj-nya dievaluasi setiap tiga bulan sekali.

"Kalau bagus, saya kroscek ke gubernur. Kalau kata gubernur ganti, saya ganti," ucap Tito. 

Sebenarnya, pergantian Pj bisa dilakukan kapan saja, seperti mengganti kapolda atau kapolres. Kalau inflasi daerahnya berantakan, pendapatan berantakan, belanja juga tak jelas, maka Pj tak direkomendasikan lagi.

Usai memberikan pemaparan, Mendagri Tito memberikan uang pembinaan kepada kecamatan dan kelurahan dengan serapan anggaran tertinggi di Provinsi Riau. Kecamatan Rumbai mendapat uang pembinaan Rp50 juta atas serapan anggaran tertinggi.

Menanggapi hal tersebut, Pj Wali Kota Muflihun SSTP MAP bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada para OPD - OPD Pemko Pekanbaru yang telah bekerja maksimal.

Selain itu, Pj Wali Kota menambahkan, Pemko Pekanbaru berkomitmen untuk mengatasi stunting dan menangani masalah inflasi daerah. "Tadi Pak Kemendagri meminta Pemerintah Daerah komitmen dalam menangani stunting dan menekan inflasi daerah. Kita dari Pemko Pekanbaru sudah menyiapkan beberapa formula yang telah berjalan untuk mengatasi hal tersebut," sebutnya.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

KIT Pekanbaru Gerbang Ekonomi Nasional

Kamis, 04 November 2021 - 14:12:34 WIB

Hadiri Jambore PKK Kulim, Pj Wali Kota Komitmen Majukan UMKM Pekanbaru

Rabu, 24 Agustus 2022 - 21:24:00 WIB

KPK Minta Perusahaan Penunggak Pajak Segera Lunasi Pajaknya

Jumat, 14 Desember 2018 - 18:35:46 WIB

DPRD Riau Apresiasi Kapolda Riau Turun Langsung Operasi Tempat Hiburan Malam

Ahad, 05 Januari 2020 - 22:44:44 WIB

Gubri Syamsuar Bersama 19 Kepala Daerah di Indonesia Terpilih Ikut RFP di Singapura

Sabtu, 16 November 2019 - 11:42:24 WIB

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini, Himpaudi Rohil Segerakan Rakerwil di Tingkat Kabupate

Jumat, 04 Maret 2022 - 21:54:04 WIB

BERGABUNG DI SINI