• Follow Us On : 
DLHK Riau Berikan Pembekalan Sumber Benih Unggul Pemuliaan Tanaman Hutan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau memberikan pembekalan sumber benih unggul pemuliaan tanaman hutan di kantor DLHK Riau, Selasa (22/11/2022)

DLHK Riau Berikan Pembekalan Sumber Benih Unggul Pemuliaan Tanaman Hutan

Selasa, 22 November 2022 - 11:04:10 WIB

PEKANBARU - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau memberikan pembekalan sumber benih unggul pemuliaan tanaman hutan. Pembekalan ini dilaksanakan di kantor DLHK Riau, Selasa (22/11/2022).

Kepala DLHK Riau, Mamun Murod mengatakan bahwa pembekalan ini diberikan agar sumber daya manusia (SDM) di lingkungan DLHK Riau umumnya dan Unit Pelalsana Teknis (UPT) Perbenian Tanaman Hutan DLHK Riau mempunyai pengetahuan, keahlian dan ketrampilan yang memadai dalam pembangunan sumber benih unggul.

"Sehingga diharapkan, SDM yang ada di DLHK Riau kelak dapat memperbanyak areal sumber benih unggulan lokal yang ditunjuk sebagai sumber benih yang bersertifikat untuk jenis endemik yang ada di wilayah kerja Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH)," kata Murod.

Untuk itu, ia mengimbau agar para peserta pembekalan serius mengikuti kegiatan ini.

"Serap ilmunya, agar kita bisa mempraktekkan teknik yang tepat untuk pemuliaan tanaman hutan," imbau Murod.

Sementara itu, hadir sebagai pemateri dalam pembekalan ini, yakni Prof Dr Ir Budi Leksono, MP. Ia merupakan peneliti senior dari Pusat Riset Konservasi Tumbuhan, Kebun Raya dan Kehutanan, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Dalam materinya, Prof Budi menerangkan tentang bagaimana pembangunan sumber benih unggul, teknik pembangunan kebun benih, manajemen kebun benih, dan dasar-dasar pemuliaan tanaman hutan.

"Pemuliaan tanaman hutan atau pemuliaan pohon merupakan aplikasi dari perpaduan prinsip-prinsip genetika hutan dan silvikultur untuk menghasilkan tanaman hutan yang produktivitasnya tinggi, kompetitif, sehat dan dapat dipanen secara lestari," kata Budi. 

Untuk memperoleh perpaduan yang optimal dari kedua elemen dasar tersebut maka
perlu adanya program pemuliaan yang strategi, rancangan dan intensitasnya bergantung pada beberapa pertimbangan diantaranya adalah besar kecilnya variasi genetik dari species yang akan ditangani, tindakan silvikultur yang dilakukan, produk akhir yang ingin dicapai serta pertimbangan ekonomi.

"Untuk mencapai hal tesebut maka diperlukan program pemuliaan pohon yang tepat dan berkesinambungan," ungkapnya.

Adapun program pemulian pohon sendiri diperlukan untuk membuat strategi yang tepat untuk suatu jenis sesuai dengan tujuan pengusahaan. Strategi pemuliaan pohon merupakan dasar pengembangan yang diperlukan untuk meningkatkan produksi hasil hutan persatuan unit sesuai dengan tujuan yang diharapkan secara ekonomis. 

Dalam pembuatan strategi untuk program pemuliaan pohon, perlu memperhatikan baik tujuan 
jangka pendek maupun jangka panjang, sesuai dengan potensi dan informasi yang 
diperoleh.

"Hal ini dimaksudkan agar dalam pengusahaan hutan akan diperoleh tegakan dengan kinerja yang semakin meningkat dari waktu ke waktu atau dari satu daur ke daur berikutnya," jelasnya. (***)


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

LHP LKPD Pemko Pekanbaru 2021 Raih Opini WTP, Ini Kali Ke-enam Secara Berturut - Turut

Jumat, 03 Juni 2022 - 13:43:53 WIB

Buka Bazar UMKM di Alam Mayang, Ini Harapan Pj Wali Kota

Senin, 27 Juni 2022 - 12:25:30 WIB

Walikota Pekanbaru Teken MoU Program Pelita Pendidikan Tanoto Foundation

Kamis, 16 Agustus 2018 - 05:46:38 WIB

Ini 8 Pemenang Anugerah Iptek dan Inovasi Hakteknas ke-23 di Riau

Jumat, 10 Agustus 2018 - 23:21:43 WIB

Gawat! Petugas Rutan Siak Temukan Sabu Terbungkus di Potongan Sandal

Sabtu, 17 September 2022 - 20:25:26 WIB

Pj Wali Kota Kukuhkan Pengurus PWRI Pekanbaru

Kamis, 28 Juli 2022 - 07:53:39 WIB

BERGABUNG DI SINI