• Follow Us On : 
Sosialisasikan Kemudahan Membayar Pajak, Tenant Bapenda Pekanbaru Hadir di CFD Kepala Bapenda Pekanbaru Alek kurniawan SP MSi, saat bercengkrama dengan salah seorang Wajib Pajak di tenant Bapenda Pekanbaru di Area CFD, Jalan Jenderal Sudirman, Minggu (27/11/2022)

Sosialisasikan Kemudahan Membayar Pajak, Tenant Bapenda Pekanbaru Hadir di CFD

Ahad, 27 November 2022 - 12:52:47 WIB

PEKANBARU - Hari bebas kendaraan atau Car Free Day (CFD) di Pekanbaru kembali menggeliat sejak CFD dibuka kembali pada awal Februari 2022 lalu. Seperti biasanya, CFD digelar di Kawasan Jalan Jenderal Sudirman, dimulai dari bawah fly over simpang Jalan Tuanku Tambusai hingga u-turn depan Star City.

Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Pekanbaru memanfatkan momentum ini untuk membuka Pos Pelayanan Pembayaran 11 Pajak Daerah di depan kantor Bank Riau Kepri (BRK) Syariah cabang Pekanbaru, Jalam Jenderal Sudirman. Kegiatan rutin ini guna mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran  di area Car Free Day.

Alek Kurniawan SP MSI yang sejak 21 November 2022 lalu dipercaya Pj Wali Kota mengemban Amanah selaku Kepala Bapenda Pekanbaru melakukan sidak langsung terhadap kegiatan sosialisasi Bapenda di areal CFD, pada Minggu (27/11/2022). Ia menyebutkan bahwa kegiatan CFD tersebut berpotensi mendatangkan .asyarakat yang umumnya memanfaatkan kegiatan akhir pekan ini untuk berolahraga sekaligus rekreasi. Guna mengoptimalkan pemungutan pajak daerah di Kota Pekanbaru, hal ini menurutnya dapat dimanfaatkan pihak Bapenda untuk melakukan giat sosialisasi tentang pajak daerah dan kegiatan turunan menarik lainnya. Bukan tanpa sebab, hal ini menjadi penekanan utama dari Bapak Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun SSTP MAP agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) harus dapat dicapai secara optimal dan selalu diorientasikan kepada peningkatan kesejahteraan secara berkelanjutan.

“Bapenda konsisten melakukan giat sosialisasi pajak daerah di areal CFD ini. Untuk itu, kita dorong kawan-kawan di Bapenda mengoptimalkan keberadaan giat ini karena berpotensi memperluas sosialisasi pajak daerah di Pekanbaru," ucap Akur, sapaan akrab Alek Kurniawan saat ditemui disela-sela giat CFD.

Sejumlah kegiatan dilakukan untuk menarik minat masyarakat agar mengikuti sosialisasi pajak untuk pembangunan kota bertuah ini. Ditandai Petugas Bapenda melakukan longmarch sembari membawa spanduk stimulus-stimulus pajak diantaranya ada Discount 50% BPHTB dan penghapusan denda tunggakan pajak daerah.

“Kegiatan ini akan terus berjalan setiap minggu, dengan memberikan edukasi dan pelayanan kepada masyarakat terkait pentingnya membayar pajak untuk pembangunan daerah,” tambahnya.

Akur berharap, agar gelaran sosialiasi kedepannya dapat dioptimalkan lagi misalnya dimeriahkan dengan pemberian doorprize kepada para pengunjung tenan Bapenda.

“Kita akan evaluasi dan optimalkan keberadaan sosialisasi pajak di CFD ini, agar betul betul menarik masyarakat untuk mendatangi loket kita,” sebutnya

Beberapa catatan Kaban Akur, diantaranya, optimalisasi pelayanan prima dan menarik dari para petugas yang bertugas. Selain itu, perbaikan infrastruktur pendukung seperti komputer, printer dan dia berharap keberadaanya dapat dioptimalkan dengan pengeras suara agar keberadaan loket Bapenda di CFD ini lebih banyak dikunjungi masyarakat.

“Ada beberapa catatan untuk optimalisasi giat ini kedepannya, mulai dari pelayanan prima dari petugas, keberadaan loket yang menarik dan hal terkait lainnya,” ucapnya yang ikut didampingi Kepala Bidang Pengendalian Pajak Daerah, Hidayah Alfitri

Loket ini digelar mulai dari jam 06.00 WIB hingga jam 09.00 WIB. Adapun pembayaran pajak yang dapat dilayani posko Bapenda di kawasan CFD, antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air bawah tanah, pajak minerba, pajak sarang burung walet serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

"Prinsipnya, harapan Pak Pj Wali Kota kepada kami, kemudahan pembayaran pajak di Pekanbaru harus terus disosialisasikan dimana saja dan kapan saja. Kita akan tingkatkan lagi kualitas giat ini kedepannya," pungkasnya.


Akses Serambiriau.com Via Mobile m.Serambiriau.com
TULIS KOMENTAR
BERITA TERKAIT

Haji Riau 2019: Ketersediaan Listrik, Air dan Fasilitas Lain Wajib Diperhatikan PPIH

Kamis, 20 Juni 2019 - 11:52:45 WIB

PPKM Level 4 di Pekanbaru Diperpanjang, Namun Ada Kelonggaran

Selasa, 24 Agustus 2021 - 18:31:43 WIB

DPRD Pekanbaru Sahkan 4 Ranperda Menjadi Perda

Senin, 02 September 2019 - 20:06:48 WIB

Tarif Parkir Pekanbaru Segara Naik, Kadishub Sebut Tingkatlkan PAD dan Tambah Loker

Selasa, 16 Agustus 2022 - 07:35:04 WIB

DLHK Kota Pekanbaru Bakal Perketat Pengawasan Transporter Limbah Medis

Jumat, 03 Juli 2020 - 14:33:05 WIB

Wali Kota Pekanbaru Sebut Tak Ada Larangan Pelantikan Lurah Saat Pandemi Corona

Senin, 11 Mei 2020 - 09:49:50 WIB

BERGABUNG DI SINI