Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PVTE UMRI Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Bangkinang

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, PVTE UMRI Asistensi Mengajar di SMK Negeri 1 Bangkinang

Pekanbaru - Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang dibutuhkan, termasuk dalam bidang pendidikan. 

Banyak lembaga pendidikan yang telah didirikan untuk memenuhi kebutuhan manusia atau pendidikan, salah satunya adalah pendidikan Guru. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Riau didirikan untuk mencetak guru-guru yang memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia serta keterampilan yang diperlukan oleh diri sendiri, masyarakat, bangsa dan negara.

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) adalah program yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untu menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. Melalui kebijakan ini, Kampus Merdeka memberikan kesempatan kepada mahasiswa memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. 

Mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengambil mata kuliah di luar program studi pada perguruan tinggi yang sama; mengambil mata kuliah pada program studi yang sama di perguruan tinggi yang berbeda; mengambil mata kuliah pada program studi yang berbeda di perguruan tinggi yang berbeda; dan/atau pembelajaran di luar perguruan tinggi.

Salah satu kegiatan dari program MBKM yaitu Asistensi Mengajar Di Satuan Pendidikan, Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif di bawah bimbingan guru dan dosen pembimbing di satuan pendidikan formal. 

Aktivitas mengajar di satuan pendidikan ini dilaksanakan selama 1-2 semester (setara 20-40 SKS). Sekolah tempat praktik mengajar dapat berada di daerah asal mahasiswa atau di daerah tertinggal, terdepan dan terluar (3T).

Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika Universitas Muhammadiyah Riau (PVTE UMRI) merupakan satu-satunya jurusan pendidikan dibidang teknik elektronika yang ada di riau, yang terletak di Jl. Tuanku Tambusai Kota Pekanbaru Riau (Samping Mall SKA). 

Adapun mitra dari program MBKM ini yaitu sekolah SMK Negeri 1 Bangkinang jurusan Teknik Elektronika yang beralamat di Jl. Tuanku Tambusai, Ridan Permai, Kec. Bangkinang Kota, Kab. Kampar Prov. Riau. 

Program MBKM ini berlangsung dari tanggal 08 November 2022 sampai 31 Januari 2023. Melalui program ini, mahasiswa dapat mengembangkan dan meningkatkan kompetensi mengajar dan membantu menyelesaikan permasalahan pendidikan di sekolah. 

Melalui kegiatan Asistensi Mengajar di Satuan Pendidikan (AMSP), mahasiswa dapat mengembangkan perspektif secara luas melalui interaksi secara langsung dengan warga sekolah dan berhadapan dengan permasalahan ril di lapangan. 

AMSP memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk melihat, merasakan, dan menyelesaikan permasalahan pendidikan dengan menggunakan bekal keilmuan yang dimiliki. 

Proses belajar yang berlangsung di luar kelas selama AMSP akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan wawasan dan kompetensi mahasiswa yang kelak akan bermanfaat ketika berhadapan dunia kerja yang sesungguhnya.

Sebagai mata kuliah, program ini berbobot 20 SKS yang pelaksanaannya di sekolah latihan. Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka Asisten Mengajar dilaksanakan selama satu semester di sekolah latihan. Selama berada di sekolah, mahasiswa tersebut dituntut untuk mengajar mata pelajaran tertentu sebagai aplikasi dari ilmu kejuruan yang telah dipelajari. 

Selain itu mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk menerapkan ilmu    mendidiknya dalam upaya peningkatan moral dan etika para peserta didik di sekolah latihan.

Diakhir program ini, mahasiswa diharuskan untuk melaporkan seluruh kegiatannya selama disekolah latihan berbentuk laporan. Laporan ini akan dijadikan sebagai salah satu aspek penilaian dalam menyelesaikan Program MBKM. 

Jumlah mahasiswa MBKM yang ditempatkan di SMK Negeri 1 Bangkinang Jurusan Teknik Elektronika sebanyak 1 orang yang berasal dari Universitas Muhammadiyah Riau Program Studi Pendidikan Vokasional Teknik Elektronika yaitu Habiburrahman, dengan dosen pembimbing Khairul Anshari, S.Pd., M.Pd.T dan guru pamongnya yaitu Rahmadizar, S.Pd.

Pada acara penjemputan atau penutupan program MBKM di SMKN 1 Bangkinang pada tanggal 31 Januari 2023, yang dihadiri oleh Dosen pembimbing, guru pamong dan bapak ibu guru jurusan teknik elektronika, dihadiri juga oleh wakil kepala kurikulum Muhammad Ifwandi S.Pd. 

Ia berpesan kepada mahasiswa yang mengikuti program MBKM untuk dapat mengambil segala ilmu yang baik dari pengalaman ketika berada disekolah dan beliau juga mengatakan semoga lancar dan cepat selesainya dalam perkuliahan. (Man)

Berita Lainnya

Index