Magang MBKM, Mahasiswa Akuntansi UMRI Laksanakan Magang di Unit Accounting RS Tabrani Pekanbaru

Magang MBKM, Mahasiswa Akuntansi UMRI Laksanakan Magang di Unit Accounting RS Tabrani Pekanbaru

Pekanbaru - Program Magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM) merupakan salah satu program pemerintah yang diimplementasikan oleh para mahasiswa dengan tujuan untuk menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. 

Program magag MBKM yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Riau di berbagai instansi. Salah satu lokasi tempat magang adalah Rumah Sakit Professor Doktor Tabrani Pekanbaru.

Pelaksanaan Magang dilakukan selama 76 hari kerja, yaitu mulai dari tanggal 11 November 2022 – 28 Februari 2023.

Magang merupakan kegiatan belajar langsung dilapangan yang dilakukan oleh Mahasiswa di instansi yang memiliki keterkaitan dengan program studi yang diambil oleh mahasiswa. Kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa adalah sebagai jembatan antara dunia pendidikan dan dunia kerja untuk mengaplikasikan ilmu yang telah didapatkan selama masa perkuliahan pada praktek di lapangan dan memperkenalkan serta meningkatkan kemampuan mahasiswa kelak ketika kerja nanti. 

Dengan program magang, mahasiswa diharapkan mendapatkan ilmu tidak hanya teoritis di dalam perkuliahan tetapi juga menerapkan langsung ilmu tersebut di dalam dunia pekerjaan.

RS Prof. Dr. Tabrani merupakan Rumah swasta yang bergerak dalam bidang jasa dan kesehatan untuk masyarakat umum.Dalam menjalankan usahanya, Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani menyediakan pelayanan bagi kemanfaatan umum berupa jasa yang bermutu dan memadai bagi pemenuhan hajat hidup orang banyak serta turut aktif melaksanakan dan menjunjung kebijaksanaan dan program kepemerintahan dibidang kesehatan.Selain itu, RS Prof. Dr. Tabrani ini juga menerima pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan.

Selama magang di Rumah Sakit Prof. Dr. Tabrani  mahasiswa di tempatkan pada bagian accounting dan keungan yang tentunya sesuai dengan jurusan yang sedang dijalani, Mahasiswa diajarkan menjurnal di sistem accurate, cara penginputan pembayaran jasa dokter, pembayaran gaji karyawan, mengarsipkan kas kecil dan lain- lainnya. 

Selain itu mahasiswa juga dibimbing untuk menjalankan syariah islam yang baik dan benar. Di dalam unit accounting ini terdapat pembagian tugas setiap karyawan yang berada di unit seperti bagian piutang dan pajak dokter. 

Manager bertanggung jawab secara langsung kepada direktur dan mengatur seluruh biaya pengeluaran dan penerimaan rumah sakit.

Yang terdapat informasi dari salah satu pebimbing di unit.

Dengan kegiatan magang tersebut mahasiswa dapat melatih diri untuk menghadapi dunia kerja yang nantinya diharapkan dan dituntut untuk bersikap terampil, disiplin, kreatif, tekun dan jujur. Selain itu ilmu yang didapatkan dari kegiatan magang ini akan memberikan manfaat bagi mahasiswa sebelum lulus dan terjun ke dunia kerja secara langsung.

Terimakasih untuk semua staf beserta jajaran yang telah membimbing, memberikan ilmu baru  serta menerima dan memperlakukan kami dengan sangat baik selama proses magang berlangsung. Semoga Rumah Sakit Professor Doktor Tabrani semakin berkembang dan sukses dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. (Man)

Kontributor: Sopia Ananda

Berita Lainnya

Index