Mahasiswi Akuntansi UMRI Laksanakan Magang MBKM di RS Prof. Tabrani

Mahasiswi Akuntansi UMRI Laksanakan Magang MBKM di RS Prof. Tabrani

Pekanbaru - MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka) merupakan yang direncanakan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertuju agar mahasiswa/i menguasai berbagai keilmuan untuk bekal memasuki dunia kerja. 

Kampus Merdeka menjalin kerjasama dengan UMRI (Universitas Muhammadiyah Riau). MBKM memiliki banyak kegiatan serperti magang, kampus mengajar, pertukaran mahasiswa, KKN, wiarusaha dan lainnya. Kegiatan yang sedang di tempuh kini salah satunya adalah magang.

Magang ini dilakakukan mulai dari pertengahan bulan November hingga akhir Februari. Kegiatan ini memiliki banyak manfaat salah satunya meningkakan potensi diri. Mahasiswa turun lapangan untuk mengimplementasikan pengetahuan-pengetahuan selama dikelas. 

Selain itu, kita juga memahami bagaimana dunia kerja. Untuk meningkatkan potensi diri, manfaat lainnya adalah menambah sosialisasi bersama rekan magang lainnya hingga rekan kerja lainnya. 

Magang ini dilaksakanakan di rumah sakit Prof. Tabrani Jl. Sudirman, Pekanbaru. Posisi pelaksanaan magang berada di divisi Accounting. Selain Accounting, divisi Casier dam Coding pernah ditempatkan disana. 

Rumah Sakit Prof. Tabrani merupakan rumah sakit umum yang melayani Kesehatan pada semua bidang dan jenis penyakit.

Saya Zahro Fatmaya yang menjalankan tugas magang dan pembimbing magang MBKM adalah Dian Puji Puspita Sari., SE., M.Ak dan pembimbing magang di RS. Prof. Tabrani merupakan manajer keuangan disana yaitu Yuliana, A.Md. 

Sebagai pembimbing MBKM meberikan arahan-arahan yang dibutuhkan saat akhir magang yaitu laporan magang begitu dengan pembimbing magang ruamh sakit mengarahkan tugas hingga memberikan jobdesc pada setiap anak magang.

Selama aktivitas magang, tugas yang dilaksanakan berupa menginput nama pasien setiap absen dokter rawat inap dan rawat jalan (BPJS dan UMUM), Mengarsip file, mencari invoice pada transaksi pada bank dan supplier yang akan di audit, dan mengecek rekapan absen dokter. 

Untuk di divisi Casier berupa melaksanakan tugas menginput absen dokter pasien rawat jalan (BPJS). Sedangkan di Coding melaksanakan tugas seperti mencocokan SEP dan LEP yang akan di scan, menscan semua berkas rawat inap (BPJS), mengurutkan SEP dari nomor terkecil hingga terbesar, dan mengecek SEP yang sesuai dengan rekapan. Inilah tugas-tugas yang dilaksanakan selama magang 3,5 bulan. (Man)

Kontributor: Zahro Fatmaya

Berita Lainnya

Index