Pertama Kali Hizbul Wathan UMJ Tergabung Dalam Gathering Relawan Nusantara

Pertama Kali Hizbul Wathan UMJ Tergabung Dalam Gathering Relawan Nusantara
Pertama Kali Hizbul Wathan UMJ Tergabung Dalam Gathering Relawan Nusantara

Jakarta - Bidang Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Hizbul Wathan UMJ (LHPB-HW UMJ) mengikuti rangkaian Gathering Relawan Nusantara  di Camp Youth Tahura Kabupaten Pesawaran, Lampung pada Jum'at - Ahad, (03-05/03/2023). 

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Forum Potensi Relawan dan SAR Lampung. Acara ini berlangsung dari Jum'at hingga Ahad, (03-05 ??Maret 2023). Kegiatan yang mempertemukan para relawan seluruh Nusantara ini bertempat di Camp Youth Tahura, Kabupaten Pesawaran, Lampung.

Keberangkatan relawan Hizbul Wathan ini berdasarkan tugas dari Qobilah Hizbul Wathan Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ).

Relawan yang ditugaskan dalam acara tersebut yaitu Anisa Amilatan Najah, untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan gathering relawan Nusantara di Lampung. 

Setibanya di lokasi, para relawan dibagi menjadi beberapa kelas diantaranya kelas Forum Diskusi Relawan Nusantara, Kelas Jungle Rescue, dan Kelas Water Rescue. Utusan dari Hizbul Wathan UMJ Anisa mengikuti kelas Water Rescue. 

Dalam kegiatan para relawan mendapatkan materi sesuai dengan kelasnya masing-masing dan praktik langsung dalam bentuk dimulai pencarian dan pertolongan yang di dampingi oleh Basarnas dan Bagian kelas Diskusi Relawan di Dampingi Oleh BPBD dan Vertical Rescue Indonesia regional Lampung, turut hadi juga komanda Vertical Rescue Indonesia kantor Pusat Tedi Ixdiana.

Gathering Relawan Nusantara diikuti lebih dari 500 peserta dari 8 Provinsi termasuk dari Korp Brimob dan Marinir. Kegiatan ini juga di hadiri Bupati Pesawaran, jajaran Institusi Pemerintah dan Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim yang sekaligus membuka acara. 

"Tujuan utama kegiatan Gathering Relawan Nusantara adalah sebagai media silaturahmi Relawan kemanusiaan dan SAR sekup nasional, Agara dalam setiap operasi SAR dan respon saat terjadi bencana bisa bersinergi dan saling memahami kompetensi kewenangan masing-masing lembaga atau Potensi SAR dan Relawan Kemanusiaan." jelas Anisa. (Man)

Kontributor: Antok

Berita Lainnya

Index