Jadi Irup Upacara Hardiknas, Pj Wali Kota Muflihun Ajak Semarakan Merdeka Belajar

Jadi Irup Upacara Hardiknas, Pj Wali Kota Muflihun Ajak Semarakan Merdeka Belajar
Menjadi Irup Upacra Hardiknas, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menggelar Apel Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023, di Lapangan Komplek Perkantoran Walikota Pekanbaru Sultan Ali Abdul Jalil Muazzam Syah Tenayan raya, Selasa (2/5/2023). 

Menjadi Irup Upacra Hardiknas, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP, menyebutkan tema Hardiknas tahun ini adalah "Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar". 

"Dengan semangat merdeka belajar, cita - cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu, pendidikan menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampa mencapai kebahagiaan sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat," ujar Muflihun saat menyampaikan amanat upacara. 

Dihadapan peserta apel baik tenaga pendidikan dan siswa pendidikan, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun mengajak insan pendidikan untuk bergerak bersama semarakkan merdeka belajar. Karena hanya dengan ilmu dan pendidikan, pembangunan bisa berjalan dalam koridornya. 

Pj Wali Kota juga menyampaikan pesan Mendikbud Nadiem Makarim, dimana saat ini, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya Platform Merdeka Belajar. Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya Kurikulum Merdeka. 

Sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar. 

Dari segi pendanaan, pencarian langsung Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas belajar. 

Dengan perluasan program beasiswa, kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi sekarang lebih terbuka. Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. 

"Di Pekanbaru, kita juga berikan beasiswa bagi siswa kurang mampu dan berprestasi. Artinya Pemko Pekanbaru juga siap support merdeka dalam belajar," pungkasnya. 



Setelah upacara, Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun memberikan piagam penghargaan kepada belasan insan pendidikan yang terdiri dari guru, kepala OPD, siswa berprestasi dan orang yang berkontribusi memajukan dunia pendidikan di Kota Pekanbaru. (Adv)
 

Berita Lainnya

Index