Andi Buchari Mendadak Mundur dari Jabatan Dirut Bank Riau Kepri, Ada Apa ?

Andi Buchari Mendadak Mundur dari Jabatan Dirut Bank Riau Kepri, Ada Apa ?

PEKANBARU - Kabar mengejutkan datang Bank Riau Kepri Syariah (BRKS). Andi Buchari mendadak dikabarkan mundur dari Direktur Utama (Dirut) bank plat merah ini. 

Kabar ini sontak membuat publik di Riau kaget. Sebab sebelumnya tidak ada kabar miring dan isu-isu yang menerpa Andi Buchari sebagai Dirut BRKS. 

Kepastian mundurnya Andi Buchari itu dibenarkan oleh Direktur Kepatuhan dan Manajemen BRKS Fajar Restu Febriansyah.

"Iya benar, beliau mengundurkan diri," kata Restu, Kamis (1/6/2023). 

Namun saat ditanya apakah surat pengunduran diri Andi Buchari dari jabatan Dirut BRKS sudah diserahkan ke Pemprov Riau atau ke Gubernur Riau selaku pemenang saham terbesar di BRKS, Restu mengaku belum mengetahui nya.

"Sesuai dengan aturan harus bersurat, tetapi saya belum melihatnya," kata Restu.

Kendati demikian, kata Restu, mundurnya Andi dari jabatan Dirut BRKS merupakan haknya. Sebab tidak ada aturan yang melarang pejabat mundur dari jabatannya. 

Terkait alasan pengunduran diri Andi itu, Restu tidak bisa menjelaskan lebih rinci. Dia beralasan belum membaca secara detail isi pengunduran diri Andi tersebut

"Kita tidak tahu apa alasan beliau mundur. Tetapi itu hal yang biasa dan hak seseorang untuk mundur dari suatu jabatan,"paparnya.

Setelah pengunduran diri Andi itu sambung Restu, sesuai aturan Perbankan pihaknya, akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB). Hal ini untuk menentukan pejabat yang baru.

"Tentunya kita mengundang pemegang saham. RUPS ini untuk menentukan siapa yang akan menggantikan Dirut BRK Syariah yang mundur,"terangnya.

Untuk diketahui Andi Buchari, sudah memasuki tahun keempat menjabat sebagai Dirut BRKS. Andi dinilai sukses mengubah BRK dari Bank Konvensional menjadi Bank Syariah, setelah mendapat dukungan dari pemegang saham dan Gubernur Riau H Syamsuar. (Man)

Berita Lainnya

Index