Ribuan Warga Miskin di Riau Dapat Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis

Ribuan Warga Miskin di Riau Dapat Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis
ilustrasi (int)

Ribuan Warga Miskin di Riau Dapat Bantuan Pemasangan Instalasi Listrik Gratis

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Sebanyak 1.022 Kepala Keluarga (KK) di Provinsi Riau akan mendapatkan bantuan pemasangan instalasi listrik gratis dari Pemprov Riau. Total anggaran yang disiapkan  oleh Pemprov Riau untuk program bantuan pemasangan instalasi listrik gratis ini sebesar Rp 2 Miliar.

Bantuan pemasangan listrik baru yang baru pertama dilakukan di Riau itu, salah satu upaya Pemprov Riau untuk mengentaskan kemiskinan dan meningkatkan rasio elektrifikasi di Riau. Saat ini progres pemasangan listrik gratis tersebut dalam tahap verifikasi calon penerima bantuan oleh pemerintah kabupaten kota se-Provinsi Riau. 

"Bantuan pemasangan instalasi listrik ini kepada warga kurang mampu yang rumahnya belum teraliri listrik tahap verifikasi calon penerima bantuan," kata  Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Riau, Evarefita, Selasa (6/6/2023).

Verifikasi calon penerima bantuan pemasangan instalasi listrik dilakukan oleh pemerintah kabupaten kota se-Riau. Calon penerimanya adalah masyarakat miskin yang di rumahnya belum teraliri jaringan listrik.

"Jadi untuk titiknya ditentukan oleh 12 pemerintah kabupaten kota, yang ditargetkan bulan Juni ini sudah ditetapkan calon penerima bantuan pemasangan instalasi listrik tersebut. Bantuan ini juga dalam mendukung program pemerintah pusat terkait pengentasan kemiskinan, sekaligus meningkatkan rasio elektrifikasi di Provinsi Riau," ujarnya. 

Sasaran calon penerima merupakan masyarakat kurang mampu berdasarkan data Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan (TKPK) Provinsi Riau, sebab tim tersebut memiliki data yang tersinkronisasi dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). 

"Tinjauan kita agar program bantuan pemasangan instalasi listrik gratis ini bisa tetap sasaran kepada masyarakat kurang mampu. Namun yang jelas rumah penerima bantuan ada jaringan listrik di sana, sebab kita tidak ada bantuan untuk jaringan, tapi hanya pemasangan instalasi listrik di rumah sampai dengan pemasangan kwh meter listrik oleh PLN," terangnya. 

"Untuk pemasangan listrik baru ini kita kolaborasi dengan PLN. Nanti kita yang siapkan anggarannya seperti pemasangan listrik baru. Namun sebelumnya kita daftar dulu rumah penerima bantuan, nanti PLN yang memasang," tutupnya. (man)

Berita Lainnya

Index