Pengawasan Pemilu di Kecamatan Bukitraya terhambat administrasi Sekretariat

Pengawasan Pemilu di Kecamatan Bukitraya terhambat administrasi Sekretariat
Panwascam Bukitraya

PEKANBARU - Pelaksanaan tahapan pemilu memasuki babak pertengahan, DPT sebagai pemilih telah ditetapkan serta peserta legislatif sudah masuk pada tahapan Daftar Calon Sementara (DCS). 

Begitupula halnya di wilayah kecamatan Bukitraya, pelaksanaan pengawasan pemilu sudah mulai menjadi atensi yang mencolok karena sudah banyak terlihat APK daftar calon yg sudah mulai curi start. Tentunya Panwascam Bukitraya menghimbau kepada seluruh calon untuk menahan diri karena belum waktunya untuk prosesi masa kampanye. 

Ketua Panwascam Bukitraya yakni Fauzul Azmi menyampaikan, pasca diterbitkan DCS beberapa waktu lalu oleh KPU, Panwascam meminta peserta pemilu untuk menahan diri melakukan kampanye. "Ini merujuk pada surat himbauan Bawaslu RI Nomor 530/PM.00/K1/07/2023 tentang Himbauan kepada Parpol untuk mematuhi dan ketentuan waktu sosialisasi peserta Pemilu," ujar Fauzul Azmi. 

Namun demikian, saat ini, Panwascam Bukitraya sedang disibukkan dengan kendala sekretariat. Dari pantauan dilapangan tampak Kantor sekretariat Panwascam Bukitraya dalama keadaan tutup.
  
Muhammad Taufik Ihsan selaku kordiv pengawasan dan pencegahan, yang dijumpai dilokasi menyampaikan panwascam telah melakukan pleno pergantian kepala sekretariat sejak 17 Juli Tahun 2023. Hal ini karena orang yang direkomendasikan kecamatan Bukitraya tidak mampu bekerja. 

"Buktinya sejak bulan April panwascam Bukitraya tidak terfasilitasi dengan sekretariat. Akan tetapi prosesi ini panjang karena kabarnya beliau adalah keluarga dari korsek provinsi yaitu bapak Anderson," ujarnya. 

Muhammad Taufik juga menyampaikan, dirinya heran, melihat independensi lembaga Panwascam. "Apakah ini lembaga independen atau lembaga backingan, kita tunggu saja prosesnya. lagian juga Pj Wali Kota bapak Muflihun, S.STP., M.AP. pernah menyampaikan, jika ada PNS di lingkungan kerja pemko Pekanbaru yang menghambat lembaga penyelenggara pemilu, laporkan ke beliau. Setidaknya kita akan laksanakan sesuai prosedur, kita lihat saja nanti perkembangannya,” pungkasnya. 
 

Berita Lainnya

Index