Harga Bawang Putih di Pekanbaru Melejit, Pedagang Kurangi Stok Penjualan

Harga Bawang Putih di Pekanbaru Melejit, Pedagang Kurangi Stok Penjualan

PEKANBARU - Dua bulan jelang puasa, harga bawang putih dikeluhkan masyarakat. Pasalnya saat ini harga bawang putih mencapai Rp40.000/Kg nya. Hal ini terjadi di beberapa pasar tradisional di Kota Pekanbaru.

Salah seorang pedagang harian di Jalan Cipta Karya, Panam, Aceng mengatakan atas kenaikan harga bawang putih yang sangat signifikan tersebut pedagang terpaksa mengurangi jumlah pembelian.

"Sejak sepekan terakhir harga bawang putih melonjak tajam. Jika harga normalnya bawang putih hanya berkisar Rp26 ribu sekarang tembus Rp36 ribu hingga Rp40 ribu. Bahkan kemarin sampai Rp46.000," ungkapnya.

Ia juga mengaku hanya sedikit membeli bawang putih untuk dijual lagi. "Mahal dek. Nggak sanggup beli banyak karena bawang putih mahal sekali. Dari normalnya Rp26 ribu sekarang naik drastis jadi Rp40 ribu," jelasnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DPP) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutaushut membenarkan kenaikan harga bawang putih memang cukup siginifikan.

"Kami sudah koordinasikan dengan stake holder terkait. Kalau dari asumsi karena harga perolehannya mungkin juga mahal di tingkat agen sehingga harga jual jadi mahal. Untuk kepastiannya kita masih menunggu dari stake holder lain," ungkap Ingot. 

Meski harga bawang putih tersebut naik signifikan, untuk pasokan menurut Ingot, masih aman. Namun pihaknya tetap mewanti-wanti distributor agar tidak berbuat curang dan mengambil kesempatan jelang Ramadan untuk keuntungan pribadi. 

"Distributor kita minta untuk menjalankan usaha dengan fair tidak baik memanfaatkan situasi jelang Ramadan untuk mengambil keuntungan yang luar biasa. Ini menjadi catatan, kita sering dihadapkan dengan persoalan yang berulang- ulang, tentu solusi dan kerjasama dari semua pihak harus jelas. Kita belum berani berasumsi masalah ini karena ada permainan spekulan," pungkasnya. (ckp)

Berita Lainnya

Index