Rapat Paripurna DPRD Pekanbaru Terkait Penyelenggaraan Angkitan Massal di Pekanbaru

Rapat Paripurna DPRD Pekanbaru Terkait Penyelenggaraan Angkitan Massal di Pekanbaru
DPRD Pekanbaru menggelar Paripurna Penyelenggaraan Angkutan Umum Massal di Kota Pekanbaru, Senin (7/8/2023)

PEKANBARU - Setelah diajukan Pemko Pekanbaru, akhirnya DPRD Pekanbaru menggelar Paripurna Penyelenggaraan Angkutan Umum Massal di Kota Pekanbaru, Senin (7/8/2023). 

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD Pekanbaru Ir Nofrizal MM dan anggota dewan lainnya. Sementara dari pemerintah, dihadiri Sekda Indra Pomi Nasution, serta beberapa Kepala OPD lainnya. 

DPRD Pekanbaru sudah menggelar paripurna pandangan umum fraksi tentang Ranperda Angkutan Umum Massal di Kota Pekanbaru. Ini merupakan tahapan kedua paripurna ranperda ini, setelah sebelumnya digelar paripurna penyampaian Ranperda Angkutan Massal di Kota Pekanbaru. 

Disampaikan, ranperda ini diusulkan Pemko Pekanbaru yang masuk dalam Prolegda Kota Pekanbaru 2023. Pembahasannya, telah disetujui legislatif untuk dibahas ke tingkat selanjutnya. 

Juru bicara Fraksi Partai Golkar Masni Ernawati SH MH menjelaskan, bahwa fraksinya menitikberatkan pelayanan maksimal angkutan massal ini harus lebih ditingkatkan. Karena ini merupakan pelayanan yang sangat penting dan diidam-idamkan masyarakat Kota Pekanbaru.  

”Kami Fraksi Golkar juga meminta dipertegas PAD dari Ranperda ini untuk Kota Pekanbaru,” katanya.

Sekda Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution mengatakan pada ranperda nantinya akan dibahas pola, sistem angkutan umum, dan perencanaan transportasi umum di ibu kota Provinsi Riau tersebut. 

"Dengan ranperda ini kami mengharapkan sistem angkutan umum menjadi lebih baik. Kini misalnya pemkot telah mengoperasikan bus Trans Metro Pekanbaru sejak beberapa tahun terakhir," ungkapnya.
Layanan bus dimaksud saat ini sudah terintegrasi dengan fasilitas angkutan umum lain. Diantaranya dengan bus AKAP, bandara, serta pelabuhan. Dengan sistem yang dijalankan itu, penumpang bisa memanfaatkan bus TMP untuk berpindah ke moda transportasi lainnya untuk ke daerah tujuan. 

Itu beberapa hal yang akan diatur dalam ranperda angkutan umum massal serta penyelenggaraan transportasi di Pekanbaru ini," ujarnya. 

Indra mengakui Pemkot Pekanbaru sudah melakukan upaya perencanaan jangka panjang, agar penggunaan transportasi umum bisa lebih unggul daripada transportasi pribadi. 

"Kami menyusun rencana untuk jaringan transportasi, menyusun rencana induk jaringan jalan yang nantinya bisa dipedomani dalam rangka mewujudkan keinginan kita naik angkutan umum lebih baik dari kendaraan pribadi. Jadi lebih familiar, lebih merakyat dan ini akan jadi catatan tersendiri bagi kami di Kota Pekanbaru," ujarnya. (Galeri)

Berita Lainnya

Index