Catat Tanggalnya, Festival Koplo Indonesia Vol 2 Bakal Guncang Pekanbaru

Catat Tanggalnya, Festival Koplo Indonesia Vol 2 Bakal Guncang Pekanbaru

PEKANBARU – Hingar-bingar Festival Koplo Indonesia (FKI) pertama dan terbesar yang diadakan di Lapangan Parkir Stadion Akuatika – Gelora Bung Karno Juli lalu masih terasa.

Seolah ingin mengulang kembali kesuksesan FKI, tim promotor pun sudah menyiapkan tour FKI selanjutnya.

Kali ini, Kota Pekanbaru menjadi kota kedua yang dipilih tim promotor untuk kembali menggelar Festival Koplo Indonesia Vol. 2. Dipilihnya Kota Pekanbaru dalam FKI Vol 2 tentu bukan tanpa alasan.

CEO RND Group Reynol Bolung selaku penyelenggara Festival Koplo Indonesia Vol. 2 mengatakan, berdasarkan data, bahwa kota Pekanbaru termasuk dalam tiga besar kota di pulau Sumatera dengan pendengar musik koplo terbanyak.

“Dari data itu, penyanyi koplo paling populer adalah Happy Asmara, Mr. Jono & Joni, Denny Caknan, NDX AKA hingga Ndarboy Gank yang menempati posisi teratas dalam situs pencarian di Kota Pekanbaru,” katanya saat Perss Comprence di salah satu cafe yang ada di Kota Pekanbaru, Jum'at (8/9/2023).

Melihat tingginya antusias masyarakat terhadap musik Koplo yang begitu besar, RND Group berkolaborasi dengan Mangata Group (MSI) menyelenggarakan Festival Koplo Indonesia Vol. 2 di Pekanbaru.

Reynol Bolung mengungkapkan, Festival Koplo Indonesia sebagai salah satu festival koplo terbesar di Indonesia akan menghadirkan banyak artis yang menarik untuk bernyanyi dan berjoget bersama.

Festival Koplo Indonesia diadakan selama satu hari, Minggu, 26 November 2023 di Kota Pekanbaru.

“Festival Koplo Indonesia Vol. 2 diselenggarakan untuk menjawab kerinduan masyarakat atas panggung yang menghadirkan full musik koplo dari awal hingga akhir,” ucapnya.

Dia menambahkan even ini di support oleh label partner Nagaswara dan dimeriahkan oleh NDX AKA, Mr. Jono & Joni, Diskoplo, Fitri Carlina, Duo Anggrek, dan DJ Tessa Morena.

Tak cuma itu, artis lokal dari Kota Pekanbaru yang sedang naik daun, Rita Nasiak juga turut memeriahkan FKI Vol. 2 kali ini.

“Bagi yang belum mendapatkan tiket Festival Koplo Indonesia, tiket didapatkan secara online di Loket.com dan offline di Malabar Coffee,” sambungnya.

Sementara itu, Tyo dari PT Mangata Smart Internasional selaku project leader Festival Koplo Indonesia Vol. 2 Pekanbaru mengungkapkan pihaknya sangat senang ikut terlibat dalam penyelenggaraan Festival Koplo Indonesia Vol. 2.

“Dengan adanya Festival Koplo Indonesia Vol. 2 kami berharap musik koplo dan dangdut pada umumnya dapat diterima secara luas lagi khususnya pada generasi muda dan ikut serta meningkatkan giat usaha para pelaku ekonomi kreatif di kota Pekanbaru,” ujarnya.

Sebagai informasi, musik koplo atau dikenal juga dangdut koplo adalah sebuah sub aliran dalam musik dangdut. Musik ini berciri khas irama yang cepat dari gendangnya, musik koplo digemari masyarakat secara luas.

Musik Koplo dikembangkan pada tahun 2000-an, walau sudah 20 tahun yang lalu popularitas koplo tidak berkurang.

Sebagai salah satu khazanah musik di Indonesia, musik koplo semakin berkembang menjadi bentuk turunan yang lebih mudah diterima masyarakat luas. Di antaranya pop-koplo dengan memasukkan gaya musik pop, atau diskoplo, dengan memasukkan gaya unsur musik disko. (***)

#Komunitas

Index

Berita Lainnya

Index