Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama Jadi Pemateri Dialog Kebangsaan

Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama Jadi Pemateri Dialog Kebangsaan

PEKANBARU - Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama menjadi pemateri dalam Dialog Kebangsaan yang ditaja oleh DPM UNRI, Kamis (1/6), dialog itu berlangsung di gedung BPMP Provinsi Riau.

Dialog Kebangsaan ini merupakan salah satu wahana untuk bertukar informasi, menyamakan persepsi dan memotivasi dalam upaya meningkatkan wawasan dan pemahaman di kalangan masyarakat khususnya kaum milenial dalam meningkatkan kesadaran Bela Negara untuk membangun Sistem Pertahanan Negara yang tangguh.

"Kami lebih menyampaikan kepada mahasiswa, dari sisi kalangan anak muda atau milenial. Bagaimana mahasiswa bisa terus mengedepankan persatuan dan kesatuan menjadi sebuah kebutuhan," kata Ginda Burnama.

Selain itu juga, Ginda juga memaparkan kepada mahasiswa, bahwa membela negara adalah kewajiban yang harus dijalankan oleh setiap warga. Senam, jika hal tersebut tidak seiring sejalan, akan muncul ancaman baik dari dalam maupun luar.

“Pancasila, Bahasa, Undang-undang dasar (UUD), Bendera merah putih, dan konsep bernegara menjadi satu, yang merupakan elemen pemersatu bangsa. Untuk itu, kita sebagai anak bangsa harus terus bela negara agar kita tetap utuh tanpa perpecahan,” paparnya.

Lebih lanjut, Ginda mengingatkan kepada semua mahasiswa, yang juga berperan mempersatukan bangsa lewat kegiatan positif di kampusnya.

“Kita sungguh bangga, apa yang dilakukan mahasiswa saat ini, tetap menjaga Merah Putih. Apalagi ke depan akan adanya ancaman nyata yang menyerang generasi bangsa ini. Maka peran mahasiswa sangat penting. Ancaman ini harus diantisipasi, seperti halnya pola pikir (mindset) melalui gadget (cyber) sangat mengancam kehidupan saat ini, sehingga generasi muda terdistorsi ke arah yang menyimpang dan menjauh dari kemerdekaan,” pintanya.

Dalam bela negara, sebagai anak bangsa perlu menjaga 3 hal agar negara ini tetap utuh. Pertama kedaulatan bangsa, kedua keselamatan bangsa dan ketiga keutuhan wilayah NKRI. Indonesia ini luas dan beraneka ragam, oleh sebab itu dari Sabang sampai Marauke jangan terpecah belah.

“Generasi muda sebagai pelopor masa depan perlu menjalankan bela negara. Kita harus yakinkan bahwa Indonesia tetap Sabang sampai Merauke dari pulau Miangas sampai Rote, enggak boleh secuil-pun yang keluar dari wilayah itu. Apalagi di Kota Pekanbaru, Riau ini, " tegas Politisi milenial ini lagi. (adv)

Berita Lainnya

Index