Pemko Pekanbaru Terima Mobil Adminduk di HUT Riau ke-66

Pemko Pekanbaru Terima Mobil Adminduk di HUT Riau ke-66
Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP menerima secara simbolis satu unit kunci mobil Adminduk dari Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi

PEKANBARU - Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru mendapatkan bantuan satu unit mobil pelayanan Adminduk keliling dari Provinsi Riau. Pemberian bantuan mobil ini bertepatan dengan perayaan hari jadi ke-66 Provinsi Riau yang diselenggarakan di halaman kantor Gubernur Riau, Rabu (9/8/2023) pagi. 

Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun SSTP MAP menerima secara simbolis satu unit kunci mobil dari Gubernur Riau Drs Syamsuar MSi. 

"Ucapan terimakasih, penghargaan serta apresiasi yang luar biasa atas perhatian dari Pemerintah Provinsi terhadap Pemko Pekanbaru, khususnya masyarakat Pekanbaru," ujar Penjabat Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun. 

Ia mengatakan diharapkan dengan adanya mobil ini bisa memberikan pelayanan optimal ke masyarakat dengan pelayanan keliling. "Kami sampaikan terimakasih dan apresiasi yang luar biasa kepada Pemprov Riau," kaatanya. 

Sementtara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru Irma Novrita,  mengatakan mobil yang diberikan mobil yang didapat oleh Pemko Pekanbaru adalah mobil pelayanan keliling. 

"Isinya itu adalah alat perekam dan sekaligus printer cetak. Kalau sudah seperti itu artinya kita bisa melakukan perekaman keliling dengan menggunakan mobil itu. Seperti menjemput bola ke kelurahan atau mungkin ke titik tertentu atau bisa juga mungkin ke sekolah," ujar Irma. 

Ia menjelaskan kelebihan mobil ini dibanding dengan jemput bola lapangan secara manual yang dilakukan selama ini adalah ketika menerima berkas di lapangan maka bisa langsung dilakukan entri. Hal ini karena sudah langsung terkoneksi ke jaringan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK). 

"Kalau pakai mobil ini sudah langsung terkoneksi ke jaringan SIAK. Misalnya ada warga berurusan di lapangan, dengan layanan keliling ini saat warga mengajukan berkas, kemudian persyaratan lengkap maka bisa kita langsung entri, kemudian diproses langsung di mobil," ungkapnya. 

"Tapi kalau layanan manual yang biasa dilakukan kayak turun ke lapangan ke kantor lurah atau dimana gitu, itu kita hanya menerima berkas manual, kemudian prosesnya dibawa dulu ke dinas. Jadi itu kelebihan mobil ini karena dia langsung bisa terkoneksi dengan jaringan SIAK," imbuhnya. 

Dirinya berharap dengan adanya mobil keliling ini akan banyak kemudahan yang didapatkan dan terbantu dengan adanya mobil kelilingi. 

"Terutama untuk perekaman ke sekolah, karena banyak pemula yang banyak belum merekam, nanti kita optimalkan mobil ini," jelasnya. (Adv)

Berita Lainnya

Index