Novotel Pekanbaru Pamerkan Beragam Batik Riau di Karnaval Batik Nusantara

Novotel Pekanbaru Pamerkan Beragam Batik Riau di Karnaval Batik Nusantara

SERAMBIRIAU.COM, PEKANBARU - Novotel Pekanbaru menghadirkan beragam varian batik Riau pada kegiatan Karnaval Batik Nusantara yang digelar di Novotel Pekanbaru Hotel, Senin (2/10/2023).

General Manager Novotel Pekanbaru Hotel Sentot Lasiyanto mengatakan ini merupakan program dari Accor Indonesia. Dimana Novotel Pekanbaru merupakan bagian dari Accor Indonesia mempunyai program untuk melestarikan batik Nusantara di Indonesia.

"Kita tahu batik itu bermacam-macam di semua daerah ada pattern-pattern nya sendiri," katanya seperti dikutip melalui laman cakaplah.com.

Dijelaskan Sentot, karnaval batik Nusantara secara nasional sudah dibuka di Jogjakarta oleh menteri pariwisata beserta jajaran dan juga bekerjasama dengan TNI.

"Jadi mereka memecahkan rekor Indonesia dan dunia dengan membuat batik sepanjang 7 meter yang pesertanya itu adalah 1000 TNI. Dan kami sebagai salah satu hotel dari Accor Indonesia ikut membuat sesuatu yang mengangkat budaya Melayu dan mengangkat batik Melayu sehingga tetap eksis di Riau," sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, pihaknya disuport oleh Batik Rani Riau.

"Alhamdulillah kami disuport oleh batik Rani. Kami ucapkan atas dukungan yang diberikan kepada kami. Tadi karyawan kami dari berbagai departemen menampilkan batik Rani Riau dalam fashion show. Alhamdulillah acara hari ini sukses dan meriah," sebutnya.

Rani Arfan selaku Owner Batik Rani mengatakan Batik Rani sangat senang bisa menjadi bagian dari kegiatan Karnaval Batik Nusantara ini.

"Alhamdulillah kebetulan kita kan bergerak di bidang batik jadi kita ingin dengan adanya karnaval batik Nusantara ini, batik Riau juga akan terangkat sehingga nantinya juga bisa menasional," ujar Rani.

Ia mengatakan pada kegiatan ini pihaknya menampilkan tiga jenis batik yakni batik berbahan Viscose, katun dobby dan juga katun primis.

"Sementara untuk proses pembuatan yang kita pakai ada yang cap dan juga tulis. Untuk motifnya juga macam-macam. Ada pucuk rebung, terus ada tapuk manggis, ada kiambang dan masih banyak lagi. Dan masing-masing punya filosofi dan insya Allah filosofi nya juga bagus-bagus," Cakapnya.

Dirinya mengatakan Batik Riau itu umumnya bergaris tabir, tapi dengan perkembangan zaman, tidak semua orang menyukai yang bergaris sehingga motifnya juga kini terus berkembang.

"Kalau untuk motif Riau nya sendiri itu bisa kita tandai. Tapi yang mencolok dan bisa ditandai adalah yang bermotif pucuk rebung atau yang bergaris tabir. Itu yang mudah ditandai. Dan saat ini saya kira orang sudah familiar dengan motif batik Riau," pungkasnya. (***)

#Eknomoni

Index

Berita Lainnya

Index